Labels

RPP PKn Kelas IV/1 KD : 1.1

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran               : Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn )
Kelas/Semester               : IV / 1
Alokasi Waktu                : 8 X 35 menit ( 4 X pertemuan )
                    
I. Standar Kompetensi :
1. Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan;
II. Kompetensi Dasar :
1.1.Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan;                
                                                                             
III. Indikator :
1.      Mengidentifikasi lembaga pemerintahan Desa, Kelurahan dan Kecamatan;
2.      Menjelaskan perbedaan Pemerintahan Desa dan Kelurahan;
3.      Menjelaskan fungsi, tugas dan wewenang Pemerintahan Desa, Kelurahan dan Kecamatan;

IV. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
1.      Mengidentifikasi lembaga-lembaga dalam susunan Pemerintahan Desa/Kelurahan;     
2.      Menjelaskan perbedaan Pemerintahan Desa dan Kelurahan;
3.     Menjelaskan fungsi, tugas dan tanggung jawab masing-masing lembaga-lembaga Pemerintahan Desa, Kelurahan dan Kecamatan.


V. Materi Pembelajaran :
Pemerintahan Desa, Kelurahan dan Kecamatan

VI. Metode Pembelajaran :
1.      Metode ceramah
2.      Metode diskusi
3.      Metode tugas
4.      Metode tanya jawab
5.      Metode pengamatan

VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

Pertemuan     ke- 1

1. Kegiatan awal
Apersepsi :
a.   Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, doa, dan memeriksa kehadiran siswa untuk siap belajar serta menyiapkan media dan  sumber belajar.
b.       Guru menyampaikan Kompetensi Dasar yang akan dipelajari.
c.     Guru memotivasi siswa pada kegiatan yang pernah dilakukan para pamong/ perangkat desa  yang ada dilingkungan siswa di rumah;                
Contoh :  
-          Siapakah nama Ketua RT mu ? 
-          Pernahkah dirumahmu didatangi oleh ketua RT ?
-          Pernahkah dirumahmu didatangi oleh Bapak Carik ( Sekretaris Desa ) ? 
-          Siapakah nama Kadusmu ? 
2. Kegiatan Inti   :
             Eksplorasi :
a.     Guru menginformasikan tentang pengertian  tentang Lembaga dan Desa. Kemudian mengajukan pertanyaan, seperti :
-          Apakah pemerintahan terkecil di Indonesia ?
-          Disebut apa unit pemerintahan terkecil setingkat desa ?
-          Sebutkan contoh lembaga dalam pemerintahan desa/kelurahan !
b.       Siswa diberi tugas membaca materi dalam teks;
c.       Guru dan siswa terlibat dalam diskusi tentang isi bacaan dalam teks;
             Elaborasi :
a. Guru membentuk kelompok, kemudian membagi tugas dan persiapan pertemuan berikutnya.
b. Siswa melakukan diskusi dalam mengerjakan LKS, untuk mempelajari sistem pemerintahan desa dan kecamatan.
-          Perangkat desa/kelurahan
-          Contoh lembaga - lembaga dalam susunan pemerintahan desa.
-          Tugas - tugas kepala desa atau lurah.
c.  Guru berkeliling untuk mengamati aktifitas siswa dalam berdiskusi serta memberikan bimbingan pada siswa/kelompok yang mengalami kesulitan.
Konfirmasi
a.       Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelompok lain di kelas secara bergantian.
b.       Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya/memberikan tanggapan.
3. Kegiatan penutup :
a.       Membuat kesimpulan bersama.
b.       Refleksi, dengan menanyakan kepada siswa, bagaimana pambelajaran hari ini , apa yang diinginkan untuk pertemuan yang akan datang.
c.       Guru menginformasikan tugas dan persiapan pertemuan berikutnya

Pertemuan ke- 2  

1. Kegiatan awal
Apersepsi :
a.       Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, doa, dan memeriksa kehadiran siswa untuk siap belajar serta menyiapkan media dan  sumber belajar.
b.       Guru menyampaikan Kompetensi Dasar yang akan dipelajari.
c.       Guru mengajukan pertanyaan tentang materi pelajaran pada pertemuan sebelumnya;                
Contoh :  
-          Apakah yang dimaksud dengan desa ? 
-          Apakah pengertian lembaga itu ?
           
2. Kegiatan Inti   :
             Eksplorasi :
a.     Guru menyampaikan materi tentang pemerintahan desa / kelurahan.
b.     Guru meminta siswa untuk mempelajari materi tentang pemerintahan desa dan kelurahan.
c.     Guru meminta siswa untuk mengamati struktur organisasi pemerintahan desa dan 
     pemerintahan kelurahan.
             Elaborasi :
a.   Guru membentuk kelompok siswa untuk berdiskusi.
b. Siswa melakukan diskusi dalam mengerjakan LKS, untuk membahas perbedaan  pemerintahan desa dan kelurahan.
c.  Guru berkeliling untuk mengamati aktifitas siswa dalam berdiskusi serta memberikan bimbingan pada siswa/kelompok yang mengalami kesulitan.
Konfirmasi
a.     Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelompok lain di kelas secara bergantian.
b.     Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya/memberikan tanggapan.
3. Kegiatan penutup :
a.       Membuat kesimpulan bersama.
b.       Refleksi, dengan menanyakan kepada siswa, bagaimana pambelajaran hari ini , apa yang diinginkan untuk pertemuan yang akan datang.
c.       Guru menginformasikan tugas dan persiapan pertemuan berikutnya

Pertemuan     ke-3  

1. Kegiatan awal
Apersepsi :
a.      Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, doa, dan memeriksa kehadiran siswa untuk siap belajar serta menyiapkan media dan  sumber belajar.
b.       Guru menyampaikan Kompetensi Dasar yang akan dipelajari.
c. Guru mengajukan pertanyaan tentang materi pelajaran pada pertemuan sebelumnya;                
Contoh :  
-          Siapakah yang memimpin pemerintahan desa ? 
-          Siapakah pemimpin pemerintahan kelurahan ?
-          Apakah perbedaan pemerintahan desa dan kelurahan ?                   
2. Kegiatan Inti   :
             Eksplorasi :
a.       Guru menyampaikan suatu pertanyaan tentang lembaga pemerintahan desa / kelurahan.
-      Pemerintahan desa terdiri atas pemerintah desa (yang meliputi kepala desa dan perangkat desa) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).
b.       Bersama siswa mengadakan pembahasan materi tentang unsur-unsur pemerintahan desa dan kelurahan.
             Elaborasi :
a.   Guru membentuk kelompok siswa untuk berdiskusi.
b. Siswa melakukan diskusi dalam mengerjakan LKS, untuk mempelajari sistem pemerintahan desa.
-          Tugas, tanggung jawab, dan wewenang masing-masing lembaga.
c.  Guru berkeliling untuk mengamati aktifitas siswa dalam berdiskusi serta memberikan bimbingan pada siswa/kelompok yang mengalami kesulitan.
Konfirmasi
a.       Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelompok lain di kelas secara bergantian.
b.       Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya/memberikan tanggapan.
3. Kegiatan penutup :
a.       Membuat kesimpulan bersama.
b.       Refleksi, dengan menanyakan kepada siswa, bagaimana pambelajaran hari ini , apa yang diinginkan untuk pertemuan yang akan datang.
c.       Guru menginformasikan tugas dan persiapan pertemuan berikutnya

Pertemuan ke-4  

1. Kegiatan awal
Apersepsi :
a.       Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, doa, dan memeriksa kehadiran siswa untuk siap belajar serta menyiapkan media dan  sumber belajar.
b.       Guru menyampaikan Kompetensi Dasar yang akan dipelajari.
c.       Guru mengajukan pertanyaan tentang materi pelajaran pada pertemuan sebelumnya;                
Contoh :  
-          Di Kecamatan manakah kita tinggal ? 
-          Siapakah nama camat Purwantoro sekarang?
-          Berapakah jumlah desa/kelurahan di kecamatan Purwantoro ?
2. Kegiatan Inti   :
             Eksplorasi :
a.       Guru menyampaikan suatu pertanyaan tentang Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan instansi yang ada di wilayah kecamatan, seperti : UPTD Pendidikan, Puskesmas, Polsek, Koramil, dll.
b.       Guru menjelaskan materi tentang Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika).
c.       Bersama siswa mengadakan pembahasan materi tentang susunan organisasi pemerintahan kecamatan.
             Elaborasi :
a.   Guru membentuk kelompok siswa untuk berdiskusi.
b. Siswa melakukan diskusi dalam mengerjakan LKS, untuk membahas tugas dan fungsi unsur-unsur pemerintahan kecamatan.
c.  Guru berkeliling untuk mengamati aktifitas siswa dalam berdiskusi serta memberikan bimbingan pada siswa/kelompok yang mengalami kesulitan.
Konfirmasi
a.       Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelompok lain di kelas secara bergantian.
b.       Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya/memberikan tanggapan.
3. Kegiatan penutup :
a.       Membuat kesimpulan bersama.
b.       Guru mengadakan penilaian tertulis secara individu.
c.       Guru melakukan tindak lanjut hasil penilaian dengan memberikan perbaikan dan pengayaan.

V. Sumber / alat / bahan :
1. Sumber Belajar :
a.       Buku paket  PKn untuk kelas IV yang relevan.
b.      Pendidikan kewarganegaraan: menjadi warga negara yang baik 4 : untuk kelas IV SD/MI/Prayoga Bestari, Ati Sumiati ; editor Tim Pribumi Mekar. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
c.       Pendidikan kewarganegaraan 4 : untuk SD/MI kelas VI/Ressi Kartika Dewi, Sunny Ummul Firdaus, Wahyuningrum Widayati . — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
d.      Pendidikan kewarganegaraan : bangga menjadi insan pancasila 4 untuk SD/MI/ kelas IV/ Sarjan, Agung Nugroho ; editor Maryanto. - Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan nasional, 2008.
e.       LKE Sukses untuk Kelas IV semester 1.
2. Media / alat      : 
a.       Gambar/photo Kantor Desa/Kelurahan.
b.       Gambar/photo kegiatan di kantor desa/kelurahan.
c.       Struktur organisasi pemerintahan desa/kelurahan dan kecamatan.

VI. Penilaian
1. Tes tertulis (subyektif )
2. Tes secara lisan.
3. Tes kinerja         : Selama kegiatan berlangsung.
4.  Tes tertulis        : (terlampir)


Mengetahui,
Kepala SDN 1  Bangsri



D a r y a n t i,  S.Pd.
NIP. 195204141972012010

 Bangsri,                    2010
Guru Kelas IV



Toyik Haryanto, S.Pd
NIP.197104142003121008

1 komentar:

ILOU mengatakan...

terima kasih, informasinya sangat berguna..

Poskan Komentar

Info Lainnya

Entri Populer