Labels

Panduan Kegiatan KKG BERMUTU


PANDUAN

KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) GUGUS TEUKU UMAR
KECAMATAN PURWANTORO MELALUI DBL PROGRAM BERMUTU TAHUN 2010

KATA PENGANTAR
 
            Puji syukur kehadirat Alloh SWT, atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kita dapat bertemu dalam rangka kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Teuku Umar Kecamatan Purwantoro melalui Dana Bantuan Langsung (DBL) Program BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading) Tahun 2010.
       Segenap Pengurus KKG Gugus Teuku Umar Kecamatan Purwantoro menyampaikan selamat mengikuti kegiatan semoga selama pelaksanaan kegiatan tersebut senantiasa diberikan kelancaran dan kesuksesan.
       Dengan adanya panduan ini, semua peserta/anggota KKG diharapkan mendapatkan informasi informasi yang diperlukan dan gambaran tentang kegiatan yang akan dilaksanakan serta tata tertib kegiatan.
       Peserta diharapkan berperan aktif, proaktif, dan kooperatif dalam mengikuti seluruh rangkaian program kegiatan dengan baik agar upaya peningkatan mutu pendidikan melalui peningkatan kompetensi dan kinerja guru dapat terwujud.
       Akhirnya atas segala kekurangan, kami mohon maaf dan mudah-mudahan panduan ini bermanfaat.

      Selamat berkarya.

Purwantoro, Oktober 2010

Pengurus KKG
Gugus Teuku Umar Kec. Purwantoro


BAB I
PENDAHULUAN

A.  Rasional

    Dalam rangka mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Menteri Pendidikan Nasional melalui Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Ditjen PMPTK) akan melaksanakan Program Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading (BERMUTU) yang dimulai pada tahun 2008 sampai tahun 2013 yang dilaksanakan secara serentak di 75 Kabupaten/Kota di 16 provinsi.
    Untuk Provinsi Jawa Tengah khususnya, Program BERMUTU  dilaksanakan di 10 Kabupaten/Kota yang meliputi : 1). Kab. Banjarnegara, 2). Kab. Brebes,  3). Kab. Banyumas, 4). Kab. Batang, 5). Kab. Blora, 6). Kab. Wonosobo, 7). Kab. Grobogan, 8). Kab. Pekalongan, 9). Kab. Jepara,  dan 10). Kab. Wonogiri. Kesepuluh Kabupaten/Kota tersebut merupakan pilot project dari Program BERMUTU.
        Program BERMUTU merupakan program peningkatan kompetensi dan kinerja guru dengan melibatkan Dinas Pendidikan, PMPTK (Bindiklat, Profesi), DIKTI (Ketenagaan), P4TK, LPMP, LPTK, Jardiknas (Pustekkom), Balitbang (Puslitjaknov, Puspendik), Kelompok Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas,
        Kegiatan dalam program BERMUTU mencakup empat komponen, yaitu :
1.    mereformasi pendidikan bagi calon guru di LPTK/Perguruan Tinggi.
2.      memperkuat upaya peningkatan mutu guru berkelanjutan pada tingkat kabupaten dan sekolah.
3.    memperbaharui sistem akuntabilitas dan insentif untuk meningkatkan kinerja dan karir guru.
4.    meningkatkan monitoring dan evaluasi mutu guru dan prestasi belajar siswa.
Pada no. 2 dalam komponen di atas, Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) berkontribusi dalam peningkatan kompetensi peserta kelompok kerja untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Diharapkan dengan terstrukturnya kegiatan  di Kelompok Kerja Guru (KKG) dapat meningkatkan kompetensi guru secara berkelanjutan. Di samping itu kegiatan-kegiatan KKG juga membantu guru dalam perolehan angka kredit untuk kenaikan pangkat, peningkatan kualifikasi guru, dan persiapan guru dalam menghadapi proses sertifikasi.
    Dalam pelaksanaannya, paket pembelajaran tersebut dirancang untuk menunjang program pengembangan profesional guru yang berbasis kegiatan kesejawatan yang dilaksanakan pada 3 kali Kegiatan In-service dan 16 kali Pertemuan Rutin KKG terdiri dari belajar tatap muka dan belajar mandiri, beragam sumber belajar, serta lembar kerja guru yang berisi rambu-rambu tugas mandiri dan tugas terstruktur yang harus dikerjakan guru selama belajar dikemas menjadi satu dalam Panduan Belajar yang dapat diselesaikan dalam jangka waktu satu tahun.
    Keberhasilan penerapan Model Belajar BERMUTU bukan hanya diukur melalui ketersediaan paket pembelajaran yang sudah dirancang dan dikembangkan secara sistematis dan handal bagi guru, serta keterlibatan berbagai pihak yaitu LPTK, P4TK, dan guru, namun juga melalui pelaksanaan Model Belajar BERMUTU di  Kelompok Kerja Guru (KKG), memperoleh pengakuan kredit oleh LPTK/perguruan tinggi setempat (RPL (Recognition of Prior Learning) atau PHBS (Pengakuan Hasil Belajar Sebelumnya), serta mekanisme evaluasi dan monitoringnya).
Dengan melihat konsep program, dukungan dana serta keterlibatan berbagai pihak, apabila semua dapat dilaksanakan dengan konsisten, setidaknya akan memberikan pencerahan dalam upaya peningkatan sumber daya guru di Sekolah Dasar.  Demikian sekilas Program Bermutu,  semoga bermanfaat.

B. Tujuan
Model Belajar BERMUTU dikembangkan dan diimplementasikan dengan tujuan untuk memberi kesempatan kepada guru-guru untuk terlibat dalam proses pengembangan profesional secara berkelanjutan melalui kegiatan KKG dengan menggunakan Paket Pembelajaran yang berkualitas. 
Secara khusus, Model Belajar BERMUTU ditujukan untuk dapat meningkatkan keterampilan guru dalam :
1.  melakukan penelitian tindakan kelas secara berkelanjutan sebagai upaya untuk memahami proses belajar mengajar pada berbagai jenjang.
2.  mengembangkan kurikulum dan perencanaan pembelajaran sesuai dengan aturan yang berlaku bagi jenjang pendidikan dasar kelas awal dan pendidikan dasar kelas tinggi.
3.  menambah wawasan bidang ilmu berdasarkan permasalahan keilmuan yang muncul dalam rangka penerapan kurikulum sekolah pada berbagai jenjang.
4.  melaksanakan proses pembelajaran inovatif berbasis penelitian tindakan kelas dalam mata pelajaran di sekolah pada berbagai jenjang.
5.  memanfaatkan beragam sumber belajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri, proses pembelajaran, dan sumber belajar mata pelajaran di sekolah pada berbagai jenjang.

C. Hasil yang diharapkan
        Secara khusus kegiatan KKG diharapkan untuk :
a.   Melakukan berbagai pelatihan bagi guru Sekolah Dasar sesuai rambu-rambu yang ditetapkan dalam Panduan Belajar untuk membahas Paket Pembelajaran BERMUTU dan kerja kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) di dalam kelas.
b.  Menyelenggarakan pertemuan rutin guru 16 kali/tahun. Tujuan pertemuan adalah membahas, mengembangkan, serta melaksanakan Paket Pembelajaran BERMUTU.
c.   Memfasilitasi setiap guru untuk membahas, mengembangkan, serta melaksanakan materi yang diperoleh di gugus dengan guru lain di sekolah (KKG  sekolah)
d.  Melaksanakan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan harapan melalui PTK dapat meningkatkan kemampuan guru Sekolah Dasar di dalam membuat Karya Tulis Ilmiah. Dengan adanya penelitian oleh guru terhadap kelas mereka masing-masing guru memahami permasalahan di kelasnya dan melakukan perbaikan sehingga dapat mempengaruhi proses pembelajaran ke arah yang lebih baik dalam upaya dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
e.   Mendokumentasikan hasil kerja setiap guru (proposal, laporan PTK, dan kelengkapannya) untuk dinilai sehingga dapat dikeluarkan sertifikat, serta diajukan pengakuan kreditnya ke LPTK.
 

BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN

A.  Waktu
 Pelaksanaan kegiatan KKG Program BERMUTU diawali dengan Kegiatan In-service pada tanggal 7 Agustus 2010. Sedangkan kegiatan Pertemuan Rutin sebanyak 16 kali pertemuan dimulai pada tanggal 16 Oktober 2010. (Terlampir)
 B.  Tempat
Tempat pelaksanaan KKG Gugus Teuku Umar di SD Inti yang telah ditetapkan yaitu SD Negeri 1 Purwantoro Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri :
Alamat       :  Jetak, Desa Bangsri, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri
No Telp.    :  (0273) 5316870
Kode Pos   :  57695
 C.  Materi
Kegiatan In-service adalah kegiatan awal pada Kelompok pada setiap awal tahun ajaran yang membahas program kegiatan yang dapat dilaksanakan dan kegiatan peningkatan kompetensi guru berdasarkan analisis kebutuhan anggota kelompok kerja (TNA).
D.   Pelaksana / Panitia Penyelenggara
Panitia penyelenggaran kegiatan adalah pengurus KKG Gugus Teuku Umar Kecamatan Purwantoro, Wonogiri yang telah terbentuk dengan melibatkan berbagai instansi terkait. (Susunan pengurus terlampir).
 E.   Peserta
Peserta kegiatan adalah guru-guru yang menjadi anggota KKG Gugus Teuku   Umar, Kecamatan Purwantoro. Berikut ini Sekolah Dasar yang tergabung dalam KKG Gugus Teuku Umar Kecamatan Purwantoro :

NO
NAMA SEKOLAH
ALAMAT SEKOLAH
JUMLAH
GURU
KET.
1
SDN 1 Wonogiri
Jetak, Bangsri, Wonogiri
6
SD Inti
2
SDN 2 Wonogiri
Blimbing, Wonogiri
6
SD Imbas
3
SDN 3 Wonogiri
Sambitileng, Wonogiri
6
SD Imbas
4
SDN 1 Sumber
Galih, Sumber, Wonogiri
6
SD Imbas
5
SDN 1 Tegalrejo
Creme, Tegalrejo, Wonogiri
6
SD Imbas
6
SDN 2 Tegalrejo
Tegalrejo, Wonogiri
6
SD Imbas
7
SDN 2 Sumber
Sumber, Wonogiri
5
SD Imbas
8
SDN 1 Bangsri
Wates Wetan, Bangsri, Wonogiri
8
SD Imbas
9
SDN 2 Bangsri
Wates Kulon, Bangsri, Wonogiri
6
SD Imbas
JUMLAH ANGGOTA KKG
55

             Keterangan :  Dari jumlah peserta di atas data anggota/peserta KKG ( Terlampir).

F.   Ruang Lingkup dan Alur Kegiatan
Kegiatan belajar guru peserta di KKG/MGMP akan dilakukan minimal 16 kali pertemuan (tatap muka) masing-masing 4 x 50 menit, ditambah dengan tugas-tugas terstruktur dan mandiri. Dari 16 kali pertemuan KKG terdiri dari : 6 kali pertemuan pertama guru peserta dan guru pemandu melaksanakan kegiatan belajar menggunakan buku Bahan Belajar Mandiri Generik, berikutnya 2 kali pertemuan belajar dengan Bahan Belajar Mandiri ICT, dan 8 kali pertemuan berikutnya belajar menggunakan Bahan Belajar Mandiri Bidang Studi.
Alur kegiatan belajar, mulai dari pertemuan pertama sampai pertemuan terakhir mengikuti alur yang dijelaskan pada Pola Umum Kegiatan Belajar Guru dalam Program BERMUTU. Pada prinsipnya guru peserta harus secara aktif mengikuti kegiatan belajar tatap muka, kemudian menyelesaikan tugas-tugas terstruktur dan tugas mandiri. Tugas-tugas tersebut disusun dengan pertimbangan tidak terlalu memberatkan guru. Karena pada dasarnya setiap guru peserta yang mengikuti kegiatan Program BERMUTU tetap menjalankan tugas mengajar rutin di sekolahnya masing-masing.

G.   Pola Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Belajar Tatap Muka
Pola Kegiatan Belajar Tatap Muka (KBTM) dilakukan di KKG masing-masing sebanyak 16 x pertemuan. Setiap pertemuan berdurasi minimal 4 jam (4 x 50 menit).
Pertemuan 16 x KBTM dapat diatur untuk dilaksanakan selama 4 bulan, satu semester, atau satu tahun, sesuai dengan kebutuhan. Rancangan umum Model Belajar BERMUTU dibuat untuk 16 x pertemuan.
Secara keseluruhan, proses belajar dilandaskan pada pendekatan penelitian tindakan kelas yang dipadukan dengan Lesson Study dan studi kasus yang diramu menjadi Model Belajar BERMUTU. Secara khusus, untuk setiap pertemuan tatap muka, digunakan pendekatan student-centered learning yang menekankan pada pembelajaran aktif dari peserta.

2.      Kegiatan Belajar Terstruktur (KBTS)
       Kegiatan Belajar terstruktur dilakukan di tempat bekerja guru yang bersangkutan atau di rumah masing-masing berdasarkan tugas-tugas terstruktur yang telah disediakan dalam Bahan Belajar Mandiri Model BERMUTU. Hasil setiap KBTS harus didokumentasikan dengan rapi dalam buku kerja oleh setiap peserta, sehingga menjadi portofolio Model Belajar BERMUTU. Pada akhir kegiatan, portofolio ini akan dinilai untuk memperoleh sertifikat partisipasi dalam Model Belajar BERMUTU dan untuk memperoleh alih kredit dari LPTK atau kredit poin untuk kenaikan pangkat.
Tugas Terstruktur untuk bidang ilmu meliputi: penulisan studi kasus pembelajaran untuk merumuskan masalah pembelajaran, menyusun rencana tindakan (menyusun RPP, LKS, Media Pembelajaran), melakukan tindakan pembelajaran, observasi pembelajaran, melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang telah dilakukan berdasarkan hasil observasi, kajian kritis pada sumber belajar, penyusunan proposal PTK, penyusunan laporan PTK.

3.      Kegiatan Belajar Mandiri (KBMD)
Kegiatan Belajar Mandiri dilakukan oleh masing-masing guru sejalan dengan KBTM dan KBTS, berdasarkan arahan yang diberikan dalam Bahan Belajar Mandiri Model BERMUTU, dan juga berdasarkan kebutuhan serta inisiatif masing-masing guru.
KBMD antara lain meliputi:
a.     Membaca beragam sumber belajar yang disediakan, atau buku sumber yang sesuai yang ada di perpustakaan sekolah atau perpustakaan lain di daerah masing-masing.
b.    Melakukan latihan-latihan menggunakan beragam peralatan (misalnya ICT)
c.    Berdiskusi dengan teman sejawat, tokoh masyarakat, orang tua murid tentang pendidikan, khususnya dalam usaha membelajarkan siswa.
d.    Mencari sumber-sumber belajar lain melalui internet.

H.   Narasumber/Penyaji Materi/Fasilitator
      Narasumber / Penyaji Materi / fasilitator pada kegiatan KKG Program BERMUTU adalah sebagai berikut :
1.      Dosen pendamping dari LPTK
2.      DCT (Distric Core Team) dari Kab./Kota
3.      Kepala UPT Dinas Pendidikan
4.      Pengawas TK/SD/SDLB
5.      Guru Pemandu

1.      Bagi peserta pelatihan Model Belajar BERMUTU yang dinyatakan lulus diberikan sertifikat oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
2.      Pengakuan kredit akademik (sks) oleh LPTK didasarkan pada penilaian portofolio yang tercermin dalam buku kerja (kumpulan hasil kerja) peserta.

J.    Jadwal Kegiatan

1.   Kegiatan In-service
Hari,
Tanggal
Materi Kegiatan
Pemateri
7 Agust 2010
Pembukaan
Kebijakan Pemerintah Program BERMUTU
Panitia
Kasi. PTK Disdik Kab. Wonogiri/DCT
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Nomor 22,23, dan 24 Tahun 2006  
Ka. UPTD Pend. Kec. Wonogiri
Training Needs Assessment (TNA)
Pengurus/Guru Pemandu

                          Keterangan :  Bila terjadi perubahan jadwal akan diberitahukan pada pertemuan sebelumnya.

 2.   Kegiatan/Pertemuan Rutin

Pertemuan
ke-
Hari,
Tanggal
Materi Kegiatan
Pemateri
1
16 Okt 2010
Microsoft Office (Ms. Word, Excell, PPT)
Guru Pemandu
2
23 Okt 2010
Materi On line / Internet
Guru Pemandu
3
30 Okt 2010
Pengembangan Silabus
Narasumber
4
6 Nop 2010
Penyusunan RPP
Guru Pemandu
5
13 Nop 2010
Pembelajaran di kelas rendah (Tematik)
Guru Pemandu
6
20 Nop 2010
Model Pembelajaran PAKEM
Narasumber
7
27 Nop 2010
Melakukan kajian kritis dan pendalaman terhadap materi substantif (mata pelajaran)
Guru Pemandu
8
8 Jan 2010
On Service/Study Visit ke Sekolah
Guru Pemandu
9
22 Jan 2010
Mengembangkan analisis butir soal dan bank soal
Guru Pemandu
10
25 Jan 2010
Identifikasi Masalah
Guru Pemandu
11
5 Pebr 2010
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bab I
Narasumber
12
12 Pebr 2010
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bab II
Narasumber
13
19 Pebr 2010
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bab III
Narasumber
14
26 Pebr 2010
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bab IV
Narasumber
15
12 Maret 2010
Penyusunan Laporan Kegiatan
Guru Pemandu
16
19 Maret 2010
Penyusunan Laporan Kegiatan
Pengurus
                           Keterangan :  Bila terjadi perubahan jadwal akan diberitahukan pada pertemuan sebelumnya.


BAB III
TATA TERTIB

A.  Tata Tertib Administrasi

1.      Setiap peserta KKG Program BERMUTU wajib mengisi biodata peserta yang telah disediakan oleh panitia/pengurus KKG.
2.      Setiap peserta KKG Program BERMUTU menyerahkan pas photo berwarna berukuran 3 X 4 sebanyak 2 lembar.
3.      Peserta wajib mengisi daftar hadir sebelum acara/kegiatan dimulai

B. Tata Tertib Akademis

  1. Peserta wajib hadir dalam acara pembukaan, selama pelaksanaan kegiatan dan penutupan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
  1. Peserta hadir di tempat kegiatan 10 menit sebelum acara dimulai
  1. Peserta diharapkan proaktif memberikan kontribusinya selama mengikuti kegiatan.
  1. Peserta diharapkan ikut menciptakan suasana kegiatan yang kondusif dan partisipasif.
  1. Peserta yang hendak meninggalkan ruangan karena sesuatu dan lain hal harap meminta ijin kepada panitia/pengurus.
  1. Hal-hal yang kurang jelas dan belum diatur dalam tata tertib ini akan diinformasikan lebih lanjut.




BAB IV
PENUTUP

          Demikian buku panduan ini dibuat untuk memberikan gambaran umum dalam rangka pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) melalui Dana Bantuan Langsung (DBL) Program Bermutu Provinsi Jawa Tengah Tahun 2010 dengan harapan agar kegiatan KKG Gugus Teuku Umar Kecamatan Purwantoro dapat berjalan dengan lancar dan buku panduan ini juga dapat dimanfaatkan oleh semua pihak yang terkait dalam kegiatan tersebut di atas.
          Akhirnya kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas arahan, dukungan, dan kerjasamanya, semoga Alloh SWT meridhoi niat dan usaha kita dengan harapan bermanfaat bagi pencerahan masa depan anak bangsa. Amin.



LAMPIRAN 1 : 

SUSUNAN PENGURUS KKG PROGRAM BERMUTU
GUGUS TEUKU UMAR KECAMATAN PURWANTORO
TAHUN 2010

NO.
JABATAN
NAMA
Jabatan Dalam Dinas
1
Pembina
Drs. H. Suwanto, M.Hum.
Kepala UPTD Wonogiri
2
Penasehat
H. Katono, S.Pd.
Pengawas TK/SD/SDLB
3
Ketua
Wariman, S.Pd.
Guru SDN 2 Tegalrejo
4
Ketua II
Nur Solikhah, S.Pd.
Guru SDN 1 Wonogiri
5
Sekretaris
Purwanto, A.Ma.Pd.
Guru SDN 3 Wonogiri
6
Sekretaris II
Agus Triyanto, A.Ma.Pd.
Guru SDN 2 Tegalrejo
7
Bendahara
Dwi Siswanti, S.Pd.
Guru SDN 1 Wonogiri
8
Bendahara II
Sri Purwanti, S.Pd.
Guru SDN 2 Wonogiri
9
Kabid. Perencanaan
Sukamso, S.Pd.
Guru SDN 2 Sumber
10
Kabid. Pengmb. Org. Adm. Sarpras
Marmun, S.Pd
Guru SDN 2 Bangsri
11
Kabid. Humas dan Kerjasama
Priyono, S.Pd.
Guru SDN 1 Tegalrejo
 12
Guru Pemandu
Toyik Haryanto, S.Pd.
Guru SDN 1 Bangsri




Wahanto, S.Pd.
Guru SDN 1 Sumber



Ditetapkan di  : Wonogiri
Pada tanggal   : 1 Mei 2010

Ketua KKG
Gugus Teuku Umar
Kecamatan Purwantoro

 
W a r i m a n,  S.Pd.
NIP. 195712101978021005

LAMPIRAN 2 : 

DAFTAR PESERTA KKG PROGRAM BERMUTU
GUGUS TEUKU UMAR KECAMATAN PURWANTORO
TAHUN 2010
 

No
Nama
NIP
Jabatan
Tempat Tugas
1
Sukesi, A.Ma.Pd.
195311151974012004
Gr Kls. I
SDN 1 Wonogiri
2
Sujarwo, A.Ma.Pd.
195306301977011002
Gr Kls. II
SDN 1 Wonogiri
3
Nur Solikhah, S.Pd.
195905071978022008
Gr Kls. V
SDN 1 Wonogiri
4
Dwi Siswanti, S.Pd.
196401011988062003
Gr Kls. VI
SDN 1 Wonogiri
5
Kini Purwanti, A.Ma.Pd.
196801142008012004
Gr Kls. III
SDN 1 Wonogiri
6
Listianingih, A.Ma.
-
Gr Kls. IV
SDN 1 Wonogiri
7
Sri Kismartini, S.Pd.
196102211980122002
Gr Kls. VI
SDN 1 Bangsri
8
Titik Paryani, A.Ma.Pd.
195709271980122001
Gr Kls. I
SDN 1 Bangsri
9
Sri Mulyani, A.Ma.Pd.
196111081983042005
Gr Kls. III
SDN 1 Bangsri
10
Daryanti, S.Pd.
197105171996032003
Gr Kls. V
SDN 1 Bangsri
11
Toyik Haryanto, S.Pd.
197104142003121008
Gr Kls. IIa
SDN 1 Bangsri
12
Beli Ria Wulandari, A.Ma.Pd
-
Gr Kls. IV
SDN 1 Bangsri
13
Titik Windarti
-
Gr Kls. IIb
SDN 1 Bangsri
14
Widjijono, A.Ma.Pd.
195106051974011011
Gr. Kls III
SDN 2 Bangsri
15
Endang Sawalsih, S.Pd
196403051984052005
Gr Kls. V
SDN 2 Bangsri
16
Sri Kiswarini, S.Pd
196407311987022001
Gr Kls. I
SDN 2 Bangsri
17
Marmun, S.Pd.
196506041994031004
Gr Kls. VI
SDN 2 Bangsri
18
Gentur Joko Sasono, A.Ma.
-
Gr Kls. III
SDN 2 Bangsri
19
Rita Nuryanti, A.Md.
-
Gr Kls. II
SDN 2 Bangsri
20
Lilik Susanti
-
Gr Kls. IV
SDN 2 Bangsri
21
Priyono, S.Pd.
195501161975121004
Gr Kls. VI
SDN 1 Tegalrejo
22
Rianti, A.Ma.Pd.
196110291980122002
Gr Kls. II
SDN 1 Tegalrejo
23
Winarsih, S.Pd.
196105121983042009
Gr Kls. IV
SDN 1 Tegalrejo
24
Fajar Qumarudin, A.Ma.
198605242009031002
Gr Kls. V
SDN 1 Tegalrejo
25
Angela Sirlanie, A.Ma.Pd.
-
Gr Kls. I
SDN 1 Tegalrejo
26
Dahlia Parmasari, A.Ma.Pd.
-
Gr Kls. III
SDN 1 Tegalrejo
27
Sukarti, A.Ma.Pd.
195205171973042001
Gr Kls. I
SDN 2 Tegalrejo
28
Lilis Karnasih, S.Pd.
196209171982012003
Gr Kls. V
SDN 2 Tegalrejo
29
Wariman, S.Pd.
195712101978021005
Gr Kls. VI
SDN 2 Tegalrejo
30
Sri Hartini, S.Pd.
195804241979112004
Gr Kls. IV
SDN 2 Tegalrejo
31
Nanik Rahmawati, A.Ma.
-
Gr Kls IIIb
SDN 2 Tegalrejo
32
Agus Triyanto, A.Ma.
-
Gr Kls IIIa
SDN 2 Tegalrejo
33
Ita Finalistiawati
-
Gr Kls II
SDN 2 Tegalrejo
34
Wahanto, S.Pd.
196307281986081004
Gr Kls. V
SDN 1 Sumber
35
Suwandi, S.Pd
196202141986091001
Gr Kls. VI
SDN 1 Sumber
36
Gunawan, A.Ma
196403082002121001
Gr Kls. I
SDN 1 Sumber
37
Eny Styaningsih, A.Ma
198302162009032003
Gr Kls. IV
SDN 1 Sumber
38
Fitria Proborukmi, A.Ma
-
Gr Kls. III
SDN 1 Sumber
39
Esti Widyayanti, A.Ma
-
Gr Kls. II
SDN 1 Sumber
40
Ernawati, A.Ma.Pd.
-
Gr Kls. IV
SDN 1 Sumber
41
Sutarni, S.Pd
196009291982012014
Gr Kls. V
SDN 3 Wonogiri
42
Sri Sutantini, S.Pd
196802061988102002
Gr Kls. VI
SDN 3 Wonogiri
43
Purwanto, A.Ma.Pd.
197005032007011025
Gr Kls. IV
SDN 3 Wonogiri
44
Muslikah DY., A.Ma.Pd
-
Gr Kls. I
SDN 3 Wonogiri
45
Shidiq Prasetyo
-
Gr. Kls. III
SDN 3 Wonogiri
46
Rahayu, A.Ma.Pd
195509271977012002
Gr Kls. VI
SDN 2 Sumber
47
Sukamso, S.Pd
195605061978021005
Gr Kls. III
SDN 2 Sumber
48
Hj. Sri Warni, S.Pd
196003271980122003
Gr Kls. V
SDN 2 Sumber
49
Endang Sulistyaningsih, AMa
-
Gr Kls. IV
SDN 2 Sumber
50
Sri Mulati
195208241974012003
Gr Kls. II
SDN 2 Wonogiri
51
Subari, S.Pd
195308131975011003
Gr Kls. IV
SDN 2 Wonogiri
52
Sumini, S.Pd
195408011975122010
Gr Kls. I
SDN 2 Wonogiri
53
Sri Purwanti, S.Pd
196110031982012008
Gr Kls. V
SDN 2 Wonogiri
54
Mardiana M., A.Ma.Pd
-
Gr Kls. IIIa
SDN 2 Wonogiri
55
Heri Sugiyanto
-
Gr Kls. IIIb
SDN 2 Wonogiri

 Ketua KKG
Gugus Teuku Umar
Kecamatan Purwantoro

 
W a r i m a n,  S.Pd.
                                                            NIP. 195712101978021005

0 komentar:

Posting Komentar

Info Lainnya

Entri Populer