Labels

PROTA IPA Kelas IV

PROGRAM TAHUNAN

Sekolah                        :  SD NEGERI I BANGSRI
Kelas                             :  IV (Empat)
Mata Pelajaran           :  Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Tahun Pelajaran         :  2010/2011

Semester
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Keterangan
I (gasal)
1.   Memahami hubungan antara sturktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya.


1.1  Mendeskripsikan hubungan srtuktur rangka tubuh manusia dengan fungsinya.
4 jam pelajaran

1.2  Menerapkan cara memelihara kesehatan rangka tubuh.
4 jam pelajaran

1.3  Mendeskripsikan hubungan antara struktur pancaindra dan fungsinya.
4 jam pelajaran

1.4  Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indra.
4 jam pelajaran

I (gasal)
2.  Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
4 jam pelajaran

2.1 Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya.
4 jam pelajaran

2.2 Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya.
4 jam pelajaran

2.3 Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya.
4 jam pelajaran

2.4 Menjelaskan hubungan antara struktur bunga tumbuhan dengan fungsinya.
4 jam pelajaran

I (gasal)
3.    Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya


3.1  Mengidentifikasi jenis makanan hewan
4 jam pelajaran

3.2  Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya


I (gasal)
4.    Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup
4 jam pelajaran

4.1  Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkunga sekitar


4.2 Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing, ayam, dan ikan
4 jam pelajaran


I (gasal)
5.  Memahami hubungan sesame makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
4 jam pelajaran

5.1 Mengidentifikasi beberapa jenis hun=bungan khas (simbiosis) dan hubungan makan dan dimakan antara makhluk hidup ( rantai makanan )
4 jam pelajaran

5.2 Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
4 jam pelajaran

I (gasal)
6.  Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda, serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya


6.1   Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu.
4 jam pelajaran

6.2   Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair – padat – cair; cair – gas – cair; padat – gas.
4 jam pelajaran

6.3   Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya.


Ulangan Blok 1
2 jam pelajaran

Ulangan Blok 2
2 jam pelajaran


Jumlah
72 jam pelajaran



Semester
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Keterangan
II (genap)
7.  Memahami gaya dapat mengubah gerak dan atau brntuk suatu benda


7.1 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya ( dorongan dan tarikan ) dapat mengubah gerak suatu benda
4 jam pelajaran

7.2 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya ( dorongan dan tarikan ) dapat mengubah bentuk  benda
4 jam pelajaran

II (genap)
8.  Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari – hari


8.1 Mendeskripsikan energi panas dan energi bunyi  yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat – sifatnya
4 jam pelajaran

8.2 Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya
4 jam pelajaran

8.3 Membuat suatu karya / model untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara,        misalnya roket dari kertas / baling – baling / pesawat kertas / parasut
6 jam pelajaran

8.4 Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik.
4 jam pelajaran


II (genap)
9.   Memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit


9.1   Mendeskripsikan perubahan penampakan bumi
6 jam pelajaran


9.2 Mendeskripsikan posisi bulan dan penampakan bumi dari hari ke hari
4 jam pelajaran


II (genap)
10.  Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan


10.1Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut)
4 jam pelajaran


10.2 Mendeskripsikan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan ( erosi, abrasi, banjir, dan longsor )
4 jam pelajaran


10.3 Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor).
6 jam pelajaran


II (genap)
11. Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat


11.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungannya.
4 jam pelajaran


11.2 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan
4 jam pelajaran


11.3 Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap kelestarian lingkungan.
4 jam pelajaran



Ulangan Blok 1
2 jam pelajaran


Ulangan Blok 2
2 jam pelajaran


Cadangan



Jumlah
72am pelajaran


Mengetahui,
Kepala SD Negeri 1 Bangsri



D A R Y A N T I,  S.Pd
NIP.195206161974012010

Bangsri, …………………20……
Guru Kelas IV



TOYIK HARYANTO, S.Pd.
NIP.197104142003121008
Program tahunan (Prota) mata pelajaran IPA Kelas IV tersebut di atas dapat didownload dalam format Ms Word DI SINI  , agar dapat disesuaikan/diedit sesuai dengan sekolah masing-masing.

0 komentar:

Poskan Komentar

Info Lainnya

Entri Populer