Labels

Pembinaan Nasionalisme dan Karakter Bangsa


PEMBINAAN NASIONALISME DAN KARAKTER BANGSA BAGI SISWA 

Pada Bab II Pasal 3 Undang – Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dijelaskan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Sebagaimana dijelaskan dalam tujuan pendidikan nasional di atas bahwa salah satu sasaran dari proses pendidikan adalah menciptakan generasi bangsa yang berwatak dan menciptakan peradaban bangsa yang bermartabat. Hal ini mengisyaratkan bahwa di dalam proses pendidikan harus mengimplementasikan tujuan yang berorientasi pada pembentukan karakter siswa sesuai dengan kepribadian dan budaya bangsa, sehingga dapat menanamkan nilai–nilai nasionalisme dalam pendidikan.

Pembangunan karakter dan jati diri bangsa merupakan cita-cita luhur yang harus diwujudkan melalui penyelenggaraan pendidikan yang terarah dan berkelanjutan. Penanaman nilai-nilai akhlak, moral, dan budi pekerti seperti tertuang dalam Undang- undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional harus menjadi dasar pijakan utama dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi sistem pendidikan nasional.


Delapan belas  pendidikan budaya dan karakter bangsa yang perlu ditanamkan kepada peserta didik melalui bangku pendidikan, sebagaimana tergambar dalam tabel berikut :

No.
Nilai
Deskripsi
1
Religius
sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain).
2
Jujur
perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
3
Toleransi
Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
4
Disiplin
tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
5
Kerja Keras
perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
6
Kreatif
berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
7
Mandiri
sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
8
Demokratis
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
9
Rasa Ingin Tahu
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
10
Semangat Kebangsaan
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
11
Cinta Tanah Air
Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
12
Menghargai Prestasi
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
13
Bersahabat/Komunikatif
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
14
Cinta Damai
Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
15
Gemar Membaca
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
16
Peduli Lingkungan
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
17
Peduli Sosial
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
18
Tanggung-jawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

Secara bertahap dan berkelanjutan, ke-18 nilai tersebut bisa ditanamkan kepada peserta didik melalui kegiatan Ekstrakurikuler, Bimbingan Konseling, Pembiasaan (Terprogram, Rutin, Spontan, dan keteladanan), integrasi dalam mata pelajaran, dan Muatan Lokal (Mulok).

Sebagai upaya Pembinaan Nasionalisme melalui Jalur Pendidikan ini Tim Pembinaan Nasionalisme Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah telah menerbitkan E-Book Panduan Teknis dan Modul Pembinaan Nasionalisme dan Karakter bangsa bagi siswa tingkat TK, SD, SMP, dan SMA/SMK.  Dengan modul tersebut diharapkan para guru mampu mengembangkan proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dalam penerapan nilai – nilai dan semangat nasionalisme. Modul tersebut telah disusun dengan pendekatan yang mendorong aktivitas dan kreativitas siswa dalam belajar dengan penekanan pada pengembangan sikap dan budi pekerti. Selain itu, modul-modul tersebut berisi aktivitas peserta didik yang di dalamnya terdapat petunjuk bagi guru dalam memandu proses pembelajaran.

Pengintegrasian materi nasionalisme dalam proses pembelajaran di sekolah di harapkan agar pengembangan karakter bangsa bagi peserta didik dapat diaktualisasikan sejak dini melalui sistem pembelajaran yang sistematis, berkelanjutan dan bermakna. Sebagai modul praktik yang bersifat simpel dan dinamis, para guru diharapkan mampu menerapkan sesuai petunjuk dan mengembangkannya sesuai dengan lingkungan sekolahnya masing – masing.

Untuk mendownload Modul-modul Pembinaan Nasionalisme dan Karakter Bangsa bagi Siswa SD tersebut dapat melalui link di bawah ini :


1.  Panduan Teknis Pengintegrasian Materi Nasionalisme melalui Jalur Pendidikan bagi SD   KLIK DI SINI

2.  Modul Kelas I  KLIK DI SINI

3.  Modul Kelas II  KLIK DI SINI

4.  Modul Kelas III  KLIK DI SINI

5.  Modul Kelas IV  KLIK DI SINI

6.  Modul Kelas V  KLIK DI SINI

7.  Modul Kelas VI  KLIK DI SINI

Selain Modul di atas, bagi yang akan mengunduh Modul untuk Siswa di  TK, SMP, SMA/SMK dapat mendownloadnya :DI SINI

Menciptakan manusia yang bermoral, berbudi pekerti luhur dan menjunjung tinggi semangat nasionalisme menjadi suatu keharusan dan tantangan bagi dunia pendidikan kita. Oleh karena itu sekolah sebagai agen pendidikan formal harus mampu mendesain kurikulum yang mengimplementasikan tujuan tersebut di atas, salah satunya melalui kuikulum yang berbasis pendidikan karakter bangsa.

0 komentar:

Poskan Komentar

Info Lainnya

Entri Populer