Labels

Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter



PEDOMAN PELAKSANAAN 
PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KTSP

Pendidikan merupakan salah satu strategi dasar dari pembangunan karakter bangsa yang dalam pelaksanaannya harus dilakukan secara koheren dengan beberapa strategi lain. Strategi tersebut mencakup, yaitu sosialisasi/penyadaran, pemberdayaan, pembudayaan dan kerjasama seluruh komponen bangsa. Pembangunan karakter dilakukan dengan pendekatan sistematik dan integratif dengan melibatkan keluarga, satuan pendidikan, pemerintah, masyarakat sipil, anggota legislatif, media massa, dunia usaha, dan dunia industri (Buku Induk Pembangunan Karakter, 2010). Sehingga satuan pendidikan adalah komponen penting dalam pembangunan karakter yang berjalan secara sistemik dan integratif bersama dengan komponen lainnya.  Satuan pendidikan sebenarnya selama ini sudah mengembangkan dan melaksanakan nilai-nilai pembentuk karakter melalui program operasional satuan pendidikan masing-masing.

Dalam rangka mengimplementasikan Pendidikan Karakter dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan, maka pemerintah melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional pada bulan Januari 2011 yang lalu telah menerbitkan Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter.  Berikut ini pedoman tersebut yang sengaja saya posting melalui script di bawah ini dengan maksud untuk memudahkan kita dalam memahami pedoman tersebut.

1. Ped Pelaksanaan Pend Karakter-teha

Apabila Bapak/Ibu Guru maupun pengunjung blog yang budiman berkeinginan untuk mendownload materi Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter tersebut, silahkan Klik  DI SINI. Untuk perbaikan dan penyempurnaan blog ini, mohon komentar, masukan, kritik, dan sarannya.   Semoga bermanfaat….

0 komentar:

Posting Komentar

Info Lainnya

Entri Populer