Labels

Saat Jam Istirahat ...


SUASANA JAM ISTIRAHAT DI SEKOLAHKU
Teng... teng... teng.... bell sekolah berbunyi menandai waktu istirahat telah tiba. Siswa-siswi dari kelas I sampai kelas VI mulai berhamburan keluar kelas, puluhan anak laki-laki dari beberapa kelas mulai bermain sepak bola di halaman sekolah. Beberapa siswa menonton sambil bersorak-sorak layaknya suporter sepakbola yang pernah mereka saksikan di televisi.
Sedangkan siswa yang lain ada yang membaca buku di perpustakaan,  ada yang jajan, ada yang bercakap-cakap, bermain tali dan sebagainya. Yang jelas tidak satupun siswa yang ada di dalam kelas pada waktu jam istirahat. 
Namun pada saat itu ada aktifitas lain yang dilakukan siswa-siswi kelas IV SDN I Bangsri tersebut, mereka langsung menuju ke ruang gamelan/karawitan. Rupanya mereka sepakat untuk berlatih memainkan/ menabuh gamelan Jawa untuk berlatih melantunkan beberapa tembang yang telah diajarkan dan tentunya yang telah mereka kuasai, misalnya : lagu dolanan "Ayo Ngguyu",  "Jaranan", dll.
Dan inilah rekaman aktifitas mereka dalam memainkan gamelan Jawa, memang belum sempurna seperti para seniman sich, tetapi paling tidak anak-anak kita sudah mengenal dan berlatih memainkan gamelan Jawa. 

Diharapkan mereka dapat menghayati, mencintai, memberikan apresiasi dan melestarikan budaya  daerah yang merupakan warisan adiluhung dari nenek moyang kita. 
 
 




Keesokan harinya, pada saat jam pelajaran Muatan Lokal (Karawitan) , Siswa-siswi kelas V juga sedang berlatih memainkan perangkat gamelan Jawa dengan materi lancaran dan tembang "Gugur Gunung" Laras Pelog Pathet Barang. Karawitan merupakan salah satu muatan lokal yang wajib diikuti oleh siswa di SDN I Bangsri, khususnya dari kelas IV sampai dengan kelas VI. Dari 37 SD/MI yang ada di Kecamatan Purwantoro, SDN I Bangsri merupakan satu-satunya sekolah dasar yang memiliki perangkat gamelan slendro dan pelog. Sedangkan guru/pelatih karawitan di SDN I Bangsri adalah Bp. Suyarto, GP. dibantu oleh Ibu Daryanti, S.Pd. (Kepala Sekolah), dan Pak Te ha.

 

0 komentar:

Posting Komentar

Info Lainnya

Entri Populer