Labels

RPP BI Kelas IV/1 KD : 7.1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                             :  ..................................
Mata Pelajaran                :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester            :  IV (Empat) / 2 (Dua)
Alokasi Waktu                 :  6 x 35 menit ( 3X Pertemuan)

I.        STANDAR KOMPETENSI:
      7.   Memahami teks melalui membaca intensif.

II.      KOMPETENSI DASAR:
      7.1 Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif.

III.     INDIKATOR
1.    Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks
2.    Mengartikan kata-kata sukar  dalam teks
3.    Menggunakan kata-kata sukar dalam bacaan
4.    Menemukan kalimat utama pada setiap paragraf
5.    Meringkas isi bacaan
6.    Menggunakan kata depan di, ke, dan dari.


IV.    TUJUAN PEMBELAJARAN :
§  Siswa dapat membaca teks terdiri beberapa paragraf.
§  Siswa dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks.
§  Siswa dapat mengidentifikasi kata-kata sukar.
§  Siswa dapat menggunakan kata sukar dalam kalimat.
§  Siswa dapat menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif.
§  Siswa dapat menuliskan kalimat utama tiap paragraf.
§  Siswa dapat meringkas teks dengan kalimat runtut.
§  Siswa dapat menggunakan kata depan di, ke, dan dari   dalam kalimat.

V.     MATERI:
§  Teks bacaan
§  Kalimat Utama pada paragraf
§  Kata depan (preposisi) di, ke, dari.


VI.    METODE PEMBELAJARAN:
§  Tanya jawab
§  Diskusi kelompok
§  Latihan
§  Penugasan

VII.   Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Ke-1
1.    Kegiatan Awal
·     Mengucapkan salam, kemudian siswa dan guru berdoa untuk mengawali pelajaran.
·     Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
·     Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2.    Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Guru meminta siswa untuk membaca teks terdiri beberapa paragraf yang berjudul ” Koperasi Sekolah “.
·         Guru meminta beberapa siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks. Misalnya :
a. Apa yang dimaksud koperasi sekolah?
b. Sebutkan dasar hukum pembentukan koperasi sekolah !
c. Sebutkan tujuan khusus koperasi sekolah dalam bidang ekonomi !
d. Apa saja jenis usaha koperasi sekolah?
e. Sebutkan contoh usaha jasa yang dapat diselenggarakan oleh koperasi sekolah !
Elaborasi
·         Guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi.
·         Guru membagikan lembar kerja pada siswa untuk mengidentifikasi kata-kata sukar pada bacaan. Kemudian menggunakan kata sukar dalam kalimat.
Konfirmasi
·         Siswa melaporkan hasil kerjanya di depan kelas.
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.    Kegiatan Penutup
·         Menyimpulkan kegiatan pembelajaran dengan bertanya jawab  tentang  isi bacaan.
·         Menanyakan apa saja yang  telah dipelajari hari ini, serta menanyakan adakah hal-hal yang menyenangkan dan tidak menyenangkan dalam pembelajaran hari ini.
·         Memberi tugas kepada siswa untuk membaca materi bacaan di rumah.

Pertemuan Ke-2
1.    Kegiatan Awal
·     Mengucapkan salam, kemudian siswa dan guru berdoa untuk mengawali pelajaran.
·     Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
·     Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2.    Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Guru meminta siswa untuk membaca teks terdiri beberapa paragraf yang berjudul ” Koperasi Sekolah “.
·         Guru menjelaskan kepada siswa tentang kalimat utama dalam bacaan dengan memberi contoh yang terdapat dalam sebuah paragraf bacaan.
·         Siswa dapat menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif.
Elaborasi
·         Guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi.
·         Guru membagikan lembar kerja pada siswa. Misalnya :
              Text Box: Koperasi sebagai perwujudan perekonomian berdasarkan asas kekeluargaanmerupakan sektor yang penting dalam perekonomian Indonesia. Sebagai upaya untuk memelihara kesinambungan perkoperasian di Indonesia, perlu ada usaha menciptakan kader-kader koperasi yang baik. Kader koperasi dapat diperoleh melalui proses pendidikan dan pelatihan langsung. Pendidikan dan pelatihan tersebut dapat dilaksanakan di sekolah melalui pendirian koperasi sekolah.
Kalimat utama pada paragraf di atas adalah
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..……………………..…………..
·         Bersama teman kelompok, siswa mencari kalimat utama pada paragraf teks yang dibaca.
·         Selanjutnya, siswa diminta meringkas teks bacaan dengan cara merangkaikan kalimat-kalimat utama pada setiap paragraf bacaan.
Konfirmasi
·         Guru meminta beberapa siswa perwakilan dari kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya de depan kelas.
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.    Kegiatan Penutup
·         Menyimpulkan kegiatan pembelajaran dengan bertanya jawab  tentang  Kalimat utama pada suatu paragraf.
·         Menanyakan apa saja yang  telah dipelajari hari ini, serta menanyakan adakah hal-hal yang menyenangkan dan tidak menyenangkan dalam pembelajaran hari ini.
·         Memberi tugas kepada siswa untuk meringkas bacaan dengan menggabungkan kalimat utama tiap-tiap paragraf.

Pertemuan Ke-3
1.    Kegiatan Awal
·     Mengucapkan salam, kemudian siswa dan guru berdoa untuk mengawali pelajaran.
·     Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
·     Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
·     Guru bersama siswa membahas pekerjaan rumah pada pertemuan sebelumnya.
2.    Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Guru menjelaskan kepada siswa tentang penggunaan preposisi ruang ( di, ke, dari ) pada suatu kalimat.
Kata depan (preposisi) di antaranya:
a. di : penanda keberadaan
    contohnya : - di kelas
- di jalan
b. ke : penanda arah tujuan
    contohnya : - ke sekolah
- ke panti asuhan
c. dari : penanda asal
    contohnya : - dari Wonogiri
- dari SD Harapan
·         Guru bertanya jawab dengan siswa untuk menyebutkan contoh kata yang menggunakan kata depan di, ke, dan dari.
Elaborasi
·         Guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi.
·         Guru membagikan lembar kerja pada siswa.
·         Misalnya :
                   Text Box: Arman pergi ... sekolah. Sekolah Arman menghadap ... depan jalan. Arman menyimpan buku ... meja.
Teman Arman duduk ... Arman. Ketika sedang membaca buku, kawan-kawan Arman datang ... kanan.
Arman menunjukkan lemari buku cerita yang berada ... meja guru.
·         Bersama teman kelompok, siswa untuk melengkapi kalimat dengan kata depan di, ke, atau dari.
Konfirmasi
·         Guru meminta beberapa siswa perwakilan dari kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya de depan kelas.
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.    Kegiatan Penutup
·         Menyimpulkan kegiatan pembelajaran dengan bertanya jawab  tentang  kalimat utama pada suatu paragraf.
·         Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal secara individu.
·         Guru membimbing siswa berdoa bersama selanjutnya mengakhiri pembelajaran.

VIII. ALAT DAN SUMBER:
·         Kurikulum/Standar isi
·         Bahasa Indonesia 4: untuk SD/MI Kelas IV/Kaswan Darmadi, Rita Nirbaya --Jakarta: Pusat Perbukuan, Depdiknas, 2008
·         Bahasa Indonesia 4: untuk SD/MI kelas VI/Umri Nur’aini, Indriyani;editor Rocki Farizqi, Nur Kholik.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Depdiknas, 2008.
·         Bahasa Indonesia membuatku cerdas 4: untuk kelas IV Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah/oleh Edi Warsidi dan Farika.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Depdiknas, 2008.
·         Lembar Kerja.

IX.    PENILAIAN:
a. Prosedur                    : - dalam proses
  - akhir (hasil diskusi)
b. Jenis penilaian        : - tertulis
  - lisan
c.  Bentuk penilaian     : - jawaban singkat
-  tulis uraian 
                             -  produk (hasil diskusi)
d. Alat penilaian           : -  lembar tugas
  -  daftar pertanyaan
  -  lembar penilaian
e. Instrumen                  :  Terlampir


Mengetahui,
Kepala SDN ....................


____________________
NIP.                           .

Purwantoro,  ___________
Guru Kelas IV


____________________
NIP.                            .


RANGKUMAN MATERI :
Menemukan Kalimat Utama dalam Paragraf
Paragraf merupakan gabungan kalimat yang dikendalikan oleh kalimat topik atau kalimat utama. Kalimat sebaiknya sudah merupakan pernyataan khusus, supaya pengembangan paragraf mudah dikerjakan. Kalimat pertama dalam paragraf biasanya merupakan kalimat topik atau kalimat utama, sedangkan kalimat-kalimat yang lain menjelaskan kalimat pertama.

Koperasi sebagai perwujudan perekonomian berdasarkan asas kekeluargaan merupakan sektor yang penting dalam perekonomian Indonesia. Sebagai upaya untuk memelihara kesinambungan perkoperasian di Indonesia, perlu ada usaha menciptakan kader-kader koperasi yang baik. Kader koperasi dapat diperoleh melalui proses pendidikan dan pelatihan langsung. Pendidikan dan pelatihan tersebut dapat dilaksanakan di sekolah melalui pendirian koperasi sekolah.

Kalimat utama pada paragraf di atas adalah Koperasi merupakan sektor perekonomian di Indonesia yang berasaskan kekeluargaan.

3. Menggunakan Preposisi Ruang (di, ke, dan dari)
Kata depan (preposisi) di antaranya:
a. di : penanda keberadaan
contohnya : - di ruang kelas
         - di lapangan
Contoh kalimat :  Siswa kelas IV sedang berdiskusi di ruang kelas.
                          Budi sedang bermain bola di lapangan.
b. ke : penanda arah tujuan
contohnya : - ke sekolah
         - ke museum
Contoh kalimat :  Pukul 06.30 WIB saya pergi ke sekolah.
                          Siswa kelas IV bertamasya ke museum
c. dari : penanda asal
contohnya :  - dari Jakarta
         - dari SD Harapan

SOAL PENILAIAN :
I.  Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
1.  Ayah dan ibuku bekerja sebagai guru. Sebagai orangtua, apalagi keluarga guru, mereka selalu membiasakan diri untuk membaca berbagai informasi. Mereka ingin agar anak-anaknya juga gemar membaca. Berbagai cara dilakukan agar aku dan adikku suka membaca. Namun, aku dan adikku tetap belum gemar membaca.
Sumber: Bobo, 24 -01- 2003
Pikiran pokok paragraf tersebut adalah ....
a. Ayah dan ibuku adalah seorang guru.
b. Mereka selalu membiasakan diri untuk membaca berbagai informasi.
c. Mereka ingin agar anak-anaknya juga gemar membaca.
d. Berbagai cara dilakukan agar aku dan adikku suka membaca.

2.  Pengumuman
Pimpinan dan Redaksi Majalah Kancil dengan ini memohon maaf atas dimuatnya cerita berjudul ”Asal Mula Tokek” pada majalah Kancil no. 24 Th. XV yang tidak berkenan pada pembaca. Tidak ada unsur kesengajaan dan niat jelek dalam pemuatan cerita tersebut. Kami mohon maaf atas kelalaian dan kekurangcermatan kami.

Topik yang tepat pada pengumuman itu adalah ....
a. Pimpinan dan Redaki Majalah Kancil.
b. Tidak ada unsur kesengajaan dan niat jelek dalam pemuatan cerita tersebut.
c. Permohonan maaf Pimpinan dan Redaksi Majalah Kancil.
d. Asal Mula Tokek pada majalah Kancil no. 24 Th. XV yang tidak berkenan pada pembaca.
3.   .... Pasar Merauke dijual bermacam sayuran yang dikirim petani .... desa.
Kata depan yang tepat untuk melengkapi kalimat itu ialah ....
a. Ke dan di
b. Di dan ke
c. Dari dan ke
d. Di dan dari
4.  Ibu Burhan ke pasar .... Mimin.
Kata depan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut ....
a. dan
b. dengan
c. untuk
d. dari
5. Kalimat pada sebuah paragraf yang menjadi acuan untuk kalimat selanjutnya disebut ....
a. kalimat utama
b. kalimat sisipan
c. kalimat pembuka
d. kalimat penutup

II. Bacalah dengan teliti, kemudian jawablah soal-soal tentang isi bacaan berikut !

Mangga Milik Eyang Kakung

Reno adalah anak nakal dan ceroboh. Reno sering makan sambil berdiri, dan membuang bungkus jajan sembarangan. Suatu hari Reno pulang sekolah melewati kebun mangga milik eyang kakung. Reno punya niat jahat. Reno ingin mencuri mangga milik eyang kakung. Yap! Reno berhasil memetik mangga yang sudah matang. Dengan santainya, Reno menikmati buah mangga itu sambil bernyanyinyanyi di sepanjang jalan. Reno membuang kulit mangga itu sembarangan. Ia tidak peduli jika nanti ketahuan eyang kakung.
Siang itu, eyang kakung sedang menerima tamu. Eyang kakung berniat untuk  memberikan mangga kepada tamunya. Lalu, eyang pergi ke kebun untuk memetik mangga. Ketika sampai di kebun, eyang tidak lagi melihat mangga yang kemarin sudah matang. Dia hanya menemukan mangga yang masih kecil-kecil berserakan di sekitar pohon.
Eyang pulang dengan perasaan sedih dan kecewa. Di jalan, eyang kakung terpeleset kulit mangga. Akibatnya, persendian eyang sakit. “Ini pasti ulah si pencuri mangga,” gumam eyang.
Keesokan harinya, Reno tidak masuk sekolah karena sakit perut. Itulah akibatnya kalau makan mangga curian. Reno baru menyadari setelah merasakan akibatnya. Reno juga mendengar kabar, kalau eyang kakung sedang sakit karena terpeleset kulit mangga.
Reno ingat pada waktu makan mangga curian di jalan, ia membuang kulitnya sembarangan. Hal itulah yang menyebabkan eyang kakung terpeleset dan jatuh.
Akhirnya, Reno pergi ke rumah eyang dan meminta maaf. Ia berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Jawabanlah pertanyaan di bawah ini !
1. Siapa pemilik kebun mangga?
2. Apa yang dicuri Reno?
3. Di mana eyang kakung terjatuh?
4. Kapan Reno mencuri mangga?
5. Mengapa eyang pergi ke kebun mangga?

0 komentar:

Posting Komentar

Info Lainnya

Entri Populer