Labels

Pelaksanaan Ujian Nasional . . .


SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL TAHUN 2011

Ujian Nasional (UN) adalah penilaian hasil belajar oleh pemerintah yang bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok ilmu pengetahuan dan teknologi. Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.
Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) bagi siswa SD/MI mulai digelar pada hari Selasa, 10 Mei 2011 sampai dengan Kamis, 12 Mei 2011 untuk jenis Ujian Nasional Utama terdiri dari tiga mata pelajaran, yakni : Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sedangkan jenis Ujian Nasional Susulan pelaksanaannya pada hari Rabu, 18 Mei 2011 sampai dengan hari Jumat, 20 Mei 2011. Peserta ujian SDN I Bangsri Kecamatan Purwantoro pada tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 28 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Untuk Ruang I terdiri 20 siswa dan pada Ruang 2 sebanyak 8 siswa. Bapak/Ibu Guru, Orang Tua Wali Murid, dan seluruh komponen masyarakat, Mari kita berdoa bersama-sama semoga pelaksanaan UN tingkat SD/MI tahun 2011 ini berjalan dengan tertib, lancar, dan kondusif. Amin.
Tentunya kita semua berharap agar para siswa dapat lulus semuanya (100%) dengan nilai yang memuaskan.  Pihak sekolah jauh-jauh hari sebelumnya telah berupaya untuk mempersiapkan siswa dengan baik agar dapat menyelesaikan soal-soal Ujian Nasional dengan baik dan benar. Upaya tersebut antara lain : Efektifitas proses pembelajaran, Penambahan Jam Belajar melalui kegiatan Les, Pembebasan siswa dari beban tugas/agenda kegiatan sekolah seperti Lomba akademis/Non akademis. Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan siswa dalam menempuh ujian, pihak sekolah secara bertahap dan terprogram telah memberikan bimbingan tes, pembahasan soal-soal, maupun trik-trik dalam mengerjakan soal. Butir-butir soal yang diberikan telah disesuaikan dengan Kisi-kisi  Ujian Nasional yang diterbitkan oleh BNSP. Kisi-kisi Ujian Nasional merupakan acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian berdasarkan SKL dan memuat sejumlah indikator. 
Sejak pertengahan semester dua, siswa kelas VI se Kecamatan Purwantoro secara serentak telah mengikuti Latihan Ujian Nasional sebanyak 3 kali, dengan materi soal ujian yang disusun oleh Pengawas Sekolah, Guru-guru Kelas VI, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri. Selama 3 kali latihan ujian tersebut, prestasi yang diraih siswa kelas VI SDN I Bangsri cukup memuaskan karena selalu berada diperingkat 3 besar dari 35 SD/MI se Kecamatan Purwantoro. Kita berharap semoga para siswa dapat mempertahankan prestasinya.

Upaya lain yang telah ditempuh adalah pelatihan penulisan jawaban pada Lembar Jawaban UN (LJUN). Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir tingkat kesalahan siswa dalam pengisian data maupun ketepatan penulisan jawaban. Mengingat pemindaian (scanning) LJUN, analisis, dan pelaporan hasil Ujian dilakukan oleh BSNP bersama Puspendik. Selain itu, peralatan siswa seperti : pensil 2B, penghapus, dan alas untuk menulis telah dipersiapkan sejak dini. Persiapan ruang ujian, meja dan kursi siswa telah dikondisikan dengan baik agar tercipta suanana yang nyaman dan menyenangkan. Suasana yang nyaman dan menyenangkan akan membuat para siswa berpikir tenang. Dengan berpikir tenang dan cemerlang akan mencapai prestasi yang gemilang.
Anak-anakku, Bila kamu ingin nilaimu bagus, maka kamu harus mempersiapkan dirimu dengan baik. Bila kamu rajin belajar, percaya diri, dan banyak berlatih soal-soal pastilah kamu akan dengan mudah mengerjakan soal-soal UN dengan lancar. Patuhilah tata tertib UN dan hormatilah Bp./Ibu Guru Pengawas Ruang Ujian walaupun beliau bukan guru di sekolahmu. Jadikanlah momentum ujian ini sebagai tantangan. Tantangan untuk tampil dalam panggung kehidupan. Katakan kepada penonton bahwa kamu sanggup memberikan nilai yang terbaik.
Anak-anakku, Semoga engkau lulus dengan nilai yang memuaskan. Keberhasilanmu adalah kebanggaan Bapak/Ibu Guru, Orang tua dan keluarga. Selamat berjuang dalam Ujian Nasional, dan tunjukkan prestasi belajarmu yang terbaik. Tunjukkan bahwa kamu sanggup berprestasi tinggi. Doa-doa kami menyertai perjuangan kalian.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Sinoptesi 1
UN 2011 INI TELAH SESUAI DENGAN KEBENARAN PARADIGMA DAN
HAKEKAT SERTA RUANG LINGKUPNYA DIKAJI DARI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Konsep dasar pada UN 2011 sangat esensi dengan Konsep Ilmu Pengetahuan Sebagai Berrikut: Sesuatu itu dapat dikatakan sebagai ilmu jika memiliki obyek. Obyek berhubungan dengan alam, manusia maupun Tuhan. Misalnya obyeknya adalah pemenuhan kebutuban materi dikaji oleh ilmu ekonomi, obyeknya watak/karakter atau kejiwaan seseorang dikaji dalam ilmu jiwa (Psikologi), obyeknya berkaitan dengan norma/aturan atau kaidah dikaji dalam ilmu hukum, obyeknya berkaitan dengan hubungan interaksi antar sesama manusia dikaji dalam ilmu sosial (Sosiologi).dll.
Suatu ilmu itu ternyata tidak hanya memiliki obyek saja, melainkan harus didukung oleh factor-faktor yang lainnya, yaitu harus dirumuskan secara sistematis, artinya ilmu itu merupakan satu kesatuan yang sistemik antara satu bagian dengan bagian yang lainnya saling terkait dan tidak dapat dipisah-pisahkan, disamping juga harus memiliki metode serta tujuan dan EVALUASI "yang dalan hal ini UN 2011".

Unknown mengatakan...

Makasih atas partisipasi n masukannya. memang terkait dengan penyelenggaraan UASBN, US, kemudian UN menjadi suatu topik permasalahan yang memunculkan berbagai opini, wacana, protes ada yang pro dan ada yang kontra, publik bebas melihat dari berbagai sudut pandang. Dalam rangka pengendalian kualitas pendidikan dan pencapaian target peningkatan mutu SDM (secara bertahap). Penyelenggaraan UN sebagai "sesuatu yang terbaik" diterapkan saat ini, walaupun kondisi satuan pendidikan dari Sabang sampai Merauke sangat beragam. Ditunggu komentar selanjutnya....salam

Posting Komentar

Info Lainnya

Entri Populer