PROGRAM TAHUNAN
Sekolah : SD NEGERI I BANGSRI
Kelas : IV (Empat)
Mata Pelajaran : Matematika
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Semester | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu | Keterangan |
I (gasal) | 1. Memahami dan menggunakan sifat – sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah. | ||
1.1 Mengidentifikasi sifat – sifat operasi hitung. | 4 jam pelajaran | ||
1.2 Mengurutkan bilangan | 4 jam pelajaran | ||
1.3 Melakukan operasi perkalian dan pembagian. | 8 jam pelajaran | ||
1.4 Melakukan operasi hitung campuran. | 8 jam pelajaran | ||
1.5 Melakukan penaksiran dan pembulatan. | 4 jam pelajaran | ||
1.6 Memecahkan masalah yang melibatkan uang. | 8 jam pelajaran | ||
I (gasal) | 2. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah. | ||
2.1 Mendeskripsikan konsep factor dan kelipatan. | 4 jam pelajaran | ||
2.2 Menentukan kelipatan dan factor bilangan. | 4 jam pelajaran | ||
2.3 Menentukan kelipatan persekutuan terkecil ( KPK ) dan faktor persekutuan terbesar ( FPB ). | 6 jam pelajaran | ||
2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB. | 6 jam pelajaran | ||
I (gasal) | 3. Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah. | 6 jam pelajaran | |
3.1 Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat. | 4 jam pelajaran | ||
3.2 Menentukan hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat. | 4 jam pelajaran | ||
3.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang, dan berat. | 4 jam pelajaran | ||
3.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas. | 8 jam pelajaran | ||
I (gasal) | 4. Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah. | ||
4.1 Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga. | 4 jam pelajaran | ||
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga. | 2 jam pelajaran | ||
Ulangan Blok 1 | |||
Ulangan Blok 2 | 2 jam pelajaran | ||
Jumlah | 90 jam plajaran | ||
II (genap) | 5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat. | ||
5.1 Mengurutkan bilangan bulat. | 8 jam pelajaran | ||
5.2 Menjumlahkan bilangan bulat. | 8 jam pelajaran | ||
5.3 Mengurangkan bilangan bulat. | 8 jam pelajaran | ||
II (genap) | 6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah. | ||
6.1 Menjelaskan arti pecahan dan urutannya. | 6 jam pelajaran | ||
6.2 Menyederhanakan bebagai bentuk pecahan. | 4 jam pelajaran | ||
6.3 Menjumlahkan pecahan. | 6 jam pelajaran | ||
6.4 Mengurangkan pecahan. | 6 jam pelajaran | ||
6.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan. | 8 jam pelajaran | ||
II (genap) | 7. Menggunakan lambang bilangan Romawi. | ||
7.1 Mengenal lambang bilangan Romawi. | 4 jam pelajaran | ||
7.2 Menyatakan bilangan cacah sebagi bilangan Romawi dan sebaliknya. | 4 jam pelajaran | ||
II (genap) | 8. Memahami sifat bangun ruang sederhana dang hubungan antarbangun datar. | ||
8.1 Menentukan sifat sifat bangun ruang sederhana. | 8 jam pelajaran | ||
8.2 Menentukan jarring – jarring balok dan kubus. | 4 jam pelajaran | ||
8.3 Mengidentifikasi benda – benda dan bangun datar simetris. | 8 jam pelajaran | ||
8.4 Menentukan hasil pencerminan suatu bangun datar. | 4 jam pelajaran | ||
Ulangan Blok 1 | 2 jam pelajaran | ||
Ulangan Blok 2 | 2 jam pelajaran | ||
Jumlah | 90 jam pelajaran |
0 komentar:
Posting Komentar