Labels

PROTA Matematika Kelas IV

PROGRAM TAHUNAN

Sekolah                        :  SD NEGERI I BANGSRI
Kelas                             :  IV (Empat)
Mata Pelajaran           :  Matematika   
Tahun Pelajaran         :  2010/2011

Semester
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Keterangan
I (gasal)
1. Memahami dan menggunakan sifat – sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah.


1.1  Mengidentifikasi sifat – sifat operasi hitung.
4 jam pelajaran

1.2  Mengurutkan bilangan
4 jam pelajaran

1.3  Melakukan operasi perkalian dan pembagian.
8 jam pelajaran

1.4  Melakukan operasi hitung campuran.
8 jam pelajaran

1.5  Melakukan penaksiran dan pembulatan.
4 jam pelajaran

1.6  Memecahkan masalah yang melibatkan uang.
8 jam pelajaran

I (gasal)
2.  Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah.


2.1  Mendeskripsikan konsep factor dan kelipatan.
4 jam pelajaran

2.2  Menentukan kelipatan dan factor bilangan.
4 jam pelajaran

2.3 Menentukan kelipatan persekutuan terkecil ( KPK ) dan faktor persekutuan terbesar ( FPB ).
6 jam pelajaran

2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB.
6 jam pelajaran

I (gasal)
3.  Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah.
6 jam pelajaran

3.1 Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat.
4 jam pelajaran

3.2 Menentukan hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat.
4 jam pelajaran

3.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang, dan berat.
4 jam pelajaran

3.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas.
8 jam pelajaran

I (gasal)
4. Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah.


4.1  Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga.
4 jam pelajaran

4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga.
2 jam pelajaran

Ulangan Blok 1


Ulangan Blok 2
2 jam pelajaran


Jumlah
90 jam plajaran

II (genap)
5.    Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat.


5.1  Mengurutkan bilangan bulat.
8 jam pelajaran

5.2  Menjumlahkan bilangan bulat.
8 jam pelajaran

5.3  Mengurangkan bilangan bulat.
8 jam pelajaran

II (genap)
6.    Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah.


6.1  Menjelaskan arti pecahan dan urutannya.
6 jam pelajaran

6.2  Menyederhanakan bebagai bentuk pecahan.
4 jam pelajaran

6.3  Menjumlahkan pecahan.
6 jam pelajaran

6.4  Mengurangkan pecahan.
6 jam pelajaran

6.5  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan.
8 jam pelajaran

II (genap)
7.    Menggunakan lambang bilangan Romawi.


7.1  Mengenal lambang bilangan Romawi.
4 jam pelajaran

7.2 Menyatakan bilangan cacah sebagi bilangan Romawi dan sebaliknya.
4 jam pelajaran

II (genap)
8.   Memahami sifat bangun ruang sederhana dang hubungan antarbangun datar.


8.1  Menentukan sifat sifat bangun ruang sederhana.
8 jam pelajaran

8.2  Menentukan jarring – jarring balok dan kubus.
4 jam pelajaran

8.3  Mengidentifikasi benda – benda dan bangun datar simetris.
8 jam pelajaran

8.4  Menentukan hasil pencerminan suatu bangun datar.
4 jam pelajaran

Ulangan Blok 1
2 jam pelajaran

Ulangan Blok 2
2 jam pelajaran


Jumlah
90 jam pelajaran

0 komentar:

Posting Komentar

Info Lainnya

Entri Populer