Dalam rangka pelaksanaan kegiatan KKG melalui Program BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading ), diperlukan pemahaman dan kesepakatan diantara semua komponen yang terlibat dalam kegiatan kelompok kerja tersebut, baik Pengurus, Pemandu, dan Peserta Kegiatan. Untuk itu semua komponen tersebut harus terlibat dalam merencanakan dan penyusunan program kerja. Sehingga dengan perencanaan yang matang dan koordinasi yang baik diharapkan kegiatan kelompok kerja (KKG) dapat berjalan dengan lancar.
yang menunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan KKG, antara lain :
yang menunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan KKG, antara lain :
1. Persiapan Awal Kegiatan di KKG :
Persiapan-persiapan pelaksanaan KKG Program BERMUTU Tahun 2010 (tahap 2) adalah :
a. Berkoordinasi dengan Pengurus KKG Gugus, Kepala Sekolah, dan UPT Dinas Pendidikan.
b. Melakukan musyawarah bersama Pengurus KKG guna membahas :
- Menentukan mata tataran untuk dibuat TNA
- Menentukan alokasi waktu mata tataran berdasarkan TNA
- Membuat program pelaksanaan KKG setelah dilakukan analisis TNA.
- Adm. Kegiatan : Jadwal Kegiatan, Surat Undangan Narasumber dan Peserta, Buku Panduan Kegiatan, SK tiap Kegiatan/Pertemuan dan Lampiran Daftar Peserta/Narasumber/Pengurus, Daftar Hadir Peserta/Nara-sumber, Buku Tamu, Notula, Buku Administrasi Keuangan, dll.
- ATK : Buku Folio/Blocknote, Ballpoint/Pensil, Penggandaan materi,dll.
- Kepanitiaan : Pembagian tugas/tanggungjawab pada pelaksanaan Kegiatan In -Service / On Service (Tempat Kegiatan, Dokumentasi, dll)
c. Mempersiapkan Materi kegiatan untuk peserta (baik print out/Soft copy).
2. BBM/bahan ajar apa yang dipersiapkan, serta BBM/Materi wajib yang harus dikuasai oleh Guru Pemandu dan Pengurus :
BBM/Bahan Ajar yang perlu dipersiapkan dan wajib di kuasai oleh Pengurus, adalah :
a. Buku Panduan DBL KKG BERMUTU.
b. Berbagai Peraturan/Kebijakan Pemerintah bidang pendidikan.
c. Buku Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan KKG.
d. Buku Prosedur Operasional Standar Pengembangan KTSP.
e. Rambu-Rambu Pengembangan Kegiatan KKG (Lampiran I Evaluasi Mandiri).
f. Bahan Belajar Mandiri KKG, PPKHB, TNA, Action Plan KKG, dll.
g. Rencana Program Kegiatan yang telah tersusun dalam proposal.
h. Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang telah ditetapkan.
i. Panduan Penyusunan Laporan (Kegiatan dan Pertanggungjawaban Keuangan).
j. Instrumen Evaluasi Mandiri.
BBM/Bahan Ajar yang perlu dipersiapkan dan wajib di kuasai oleh Pemandu, adalah :
a. Buku Panduan DBL KKG BERMUTU.
b. BBM Program KKG BERMUTU (Generik PTK, ICT)
c. BBM Suplemen Umum (Khususnya Materi Kajian Kritis dan Analisis Butir Soal).
d. BBM Suplemen Mata Pelajaran dari P4TK Bahasa, P4TK Matematika, P4TK IPA, P4TK IPS
e. POS KKG
f. Buku Prosedur Operasional Standar Pengembangan KTSP.
g. Berbagai Peraturan/Kebijakan Pemerintah bidang pendidikan.
h. TNA, PPKHB, Program Induksi Guru Pemula & Penilaian Kinerja, dll.
i. Fasilitator Skill, Andragogi
j. Tagihan-tagihan peserta
k. Action Plan/RTL
l. File presentasi (baik berupa print out, soft copy, power point)
m.Jurnal Kegiatan.
3. Rancangan Kegiatan In Service dan 16 Kali pertemuan :
Rancangan Kegiatan In Service KKG Program BERMUTU :
a. Peserta : Seluruh anggota KKG yang telah ditentukan.
b. Narasumber : DCT Kab. Wonogiri/Ka. UPT Din. Pend. Kec./Pengawas.
c. Undangan : Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, DCT
d. Tempat Keg. : SD Inti yang telah ditentukan
e. Alokasi Waktu : 1 hari ( Pukul 09.00 s.d. 13.00/selesai )
f. Biaya : DBL KKG BERMUTU (sesuai RAB yang telah ditetapkan)
g. Materi Kegiatan : - Kebijakan Pemerintah tentang Program BERMUTU
- Implementasi KTSP pada Satuan Pendidikan
- Training Needs Assessment (TNA) untuk memperoleh gambaran komprehensif tentang; materi, alokasi waktu tiap materi, dan strategi pembelajaran yang sebaiknya diterapkan dalam penyelenggaraan diklat agar diklat memberikan manfaat maksimal kepada peserta diklat.
- Rancangan Program Kerja KKG, Learning Journal.
Rancangan Kegiatan Rutin/Reguler KKG Program BERMUTU :
a. Peserta : Seluruh anggota KKG yang telah ditentukan.
b. Narasumber : DCT Kab. Wonogiri/Pengawas/Guru Pemandu.
c. Undangan : Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah.
d. Tempat Keg. : SD Inti yang telah ditentukan
e. Alokasi Waktu : - Minimal sebanyak 16 X pertemuan
- Tiap hari Sabtu ( Pukul 09.00 s.d. 13.00/selesai )
f. Biaya : DBL KKG BERMUTU (sesuai RAB yang telah ditetapkan)
g. Materi Kegiatan : Sesuai dengan hasil Rekapitulasi data dari Format TNA tiap
peserta yang telah ditetapkan oleh Pengurus/Kepala
Sekolah/Pengawas Sekolah.
Contoh Rancangan Materi Kegiatan Rutin/Reguler KKG BERMUTU :
Pertemuan ke- | Materi Kegiatan | Pemateri |
1 | Microsoft Office (Ms. Word, Excell, PPT) | Guru Pemandu |
2 | Materi On line / Internet | Guru Pemandu |
3 | Pengembangan Silabus | Narasumber |
4 | Penyusunan RPP | Guru Pemandu |
5 | Pembelajaran di kelas rendah (Tematik) | Guru Pemandu |
6 | Model Pembelajaran PAKEM | Narasumber |
7 | Inovatif Pembelajaran | Narasumber |
8 | On Service/Study Visit ke Sekolah | Narasumber |
9 | Penyusunan Perangkat Penilaian | Guru Pemandu |
10 | Identifikasi Masalah | Guru Pemandu |
11 | Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bab I | Guru Pemandu |
12 | Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bab II | Guru Pemandu |
13 | Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bab III | Narasumber |
14 | Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bab IV | Narasumber |
15 | Penyusunan Laporan Kegiatan | Pengurus |
16 | Penyusunan Laporan Kegiatan | Pengurus |
4. Rancangan Kegiatan Study Visit :
Rancangan Kegiatan Study Visit pada Pertemuan Ke-8 KKG Program BERMUTU adalah sebagai berikut :
a. Merencanakan Program Study Visit dengan cara berkoordinasi dengan Pengurus KKG untuk menetapkan :
- SD yang akan dikunjungi, diutamakan Sekolah terdekat yang memenuhi untuk Best Practice.
- Jumlah peserta, Waktu, Biaya
- Pembagian Tugas
- Membuat Program Study Visit.
- Membuat Panduan Kegiatan Study Visit.
b. Koordinasi dengan Sekolah yang akan dikunjungi :
- Penentuan waktu/jadwal kunjungan
- Jumlah peserta yang akan berkunjung
- Akomodasi peserta
- Penentuan aspek-aspek yang akan diobservasi
- Ketersediaan Narasumber/pemandu/pemodelan
c. Diseminasi rencana On Service/Study Visit kepada pengurus dan peserta KKG.
d. Pelaksanaan On Service/Study Visit ke sekolah.
- Pembagian tugas sesuai kelompok sesuai dengan Panduan yang telah ditetapkan.
- Mencari dan mengumpulkan berbagai informasi sesuai dengan instrumen observasi.
e. Kegiatan pasca On Service/Study Visit :
- Identifikasi Masalah
- Review pelaksanaan kegiatan On Service/Study Visit.
- Membuat laporan pelaksanaan Kegiatan Study Visit.
- Membuat Program Tindak Lanjut Hasil Study Visit.
5. Jurnal setiap akhir kegiatan :
Berikut format Jurnal setiap Akhir Kegiatan :
IDENTITAS GUGUS
Nama Gugus : _________________________
Alamat : _________________________
Pertemuan Ke- : _________________________
Nara Sumber : _________________________
Materi : _________________________
Jumlah Peserta Hadir : _________________________
No | Topik/Materi | Kegiatan | Hasil/Produk | Masalah | Solusi |
Mengetahui, Purwantoro, …………….
Ketua KKG Gugus…. Guru Pemandu
__________________ __________________
NIP. . NIP.
6. Jurnal Pembelajaran/Learning Jurnal bagi setiap guru peserta
Tabel 3 . Contoh jurnal belajar guru dalam program BERMUTU
Nama guru : _______________________
NUPTK : _______________________
Kelompok Kerja : _______________________
Kabupaten/kota : _______________________
Provinsi : _______________________
No | Pertemuan Program BERMUTU | Keterangan/Diskripsi |
Training Need Analysis (TNA) | ||
Pengalaman berharga/best practices | TNA merupakan pengetahuan dan keterampilan baru bagi saya. Dengan TNA, saya menjadi tahu kompetensi mana yang sudah saya kuasai dan kompetensi mana yang belum dikuasai. Dengan TNA, saya menjadi tahu kebutuhan Diklat bagi saya pribad dan kelompok kerja , sehingga semua kompetensi yang harus dikuasai dapat dicapai dengan program Diklat yang sesuai dengan kebutuhan. | |
Rencana diseminasi | Hasil TNA akan didesiminasikan dengan cara dijadikan program kelompok kerja. TNA akan saya terapkan di sekolah dengan emngajak teman-teman lain yang mengajar mapel yang sama. | |
Permasalahan | Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan TNA dan menganalisisnya membutuhkan waktu yang relatif lama. | |
Solusi permasalahan | Akan dicari waktu luang di luar jam mengajar untuk melaksanakan kegiatan TNA di sekolah. | |
Mengetahui, Wonogiri, …………….
Ketua KKG Gugus…. Guru Pemandu
__________________ __________________
NIP. . NIP.
7. Portofolio Guru :
Portofolio adalah bukti fisik atau dokumen yang menggambarkan pengalam berkarya/prestasi yang dicapai selama menjalankan tugas profesi sebagai guru dalam interval waktu tertentu.
Adapun Hasil adanya perubahan peningkatan profesionalisme guru. Untuk mewujudkan hal tersebut ditunjukan dengan adanya:
a. Rencana kerja KKG dan laporan implementasi kegiatan yang terkait dengan silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), penyusunan bahan ajar dan bahan penilaian dari mata pelajaran terkait oleh masing-masing anggota KKG per tahun ajaran, dalam bentuk 2 (dua) set lengkap sesuai dengan proposal maupun perubahannya yang telah disetujui.
b. Rancangan serta hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) masing-masing guru yang disusun sesuai dengan Bahan Belajar Mandiri BERMUTU atau karya tulis ilmiah suatu LPTK/ jurnal penelitian .
c. Laporan pelaksanaan berbagai metode pembelajaran (misalnya Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM)) dan media pembelajaran di KKG dan hasil implementasi di masing-masing sekolah.
d. Hasil kajian kritis terkait dengan pendidikan yang dikembangkan merujuk pada Bahan Belajar Mandiri BERMUTU.
e. Rekapitulasi profil peta kompetensi masing-masing anggota KKG dan pemetaan hasil on-service (kekuatan dan kelemahan kompetensi guru) di KKG.
f. Karya ilmiah dan/atau karya inovatif yang dikembangkan dalam kegiatan kelompok kerja/musyawarah kerja guru.
g. Laporan hasil observasi kunjungan ke sekolah anggota KKG sebanyak 2 (dua) set.
h. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang merujuk pada hasil-hasil kegiatan KKG dan laporan hasil implementasi pada KBM di sekolah.
i. Laporan hasil mengikuti kegiatan FKKG sebanyak 2 (dua) set.
j. Laporan komprehensif tentang hasil kegiatan KKG berikut permasalahan dan pemecahan serta saran dalam penggunaan dana bantuan langsung (DBL).
8. Penggunaan Keuangan DBL :
Dana Bantuan Langsung (DBL) bagi KKG BERMUTU diberikan kepada KKG dengan ketentuan sebagai berikut :
a. KKG Reguler terdiri dari guru yang berasal dari 8 (delapan) sampai dengan 10 SD atau 48 - 60 orang guru di sekitar sekolah inti atau disesuaikan dengan kondisi di masing-masing kecamatan.
b. Jumlah keanggotaan disyahkan/diperkuat dengan surat keterangan dari Kepala Dinas Pendidikan setempat.
c. Kegiatan KKG Penerima DBL Tahun 2010 (tahap 2) terdiri dari :
1) Kegiatan In Service selama 1 hari.
2) Pertemuan Rutin/Reguler yang dilaksanakan minimum 16 kali pertemuan.
d. Besarnya dana bantuan untuk KKG Reguler untuk tahun kedua maksimum sebesar Rp 14.000.000,- (Empat belas juta rupiah) yang disalurkan oleh LPMP dan dikelola langsung oleh KKG yang bersangkutan.
e. Komponen kegiatan KKG yang didanai antara lain sebagai berikut :
1) Uang Harian
Untuk membiayai uang harian nara sumber* yang diperlukan pada kegiatan in service, dan dalam kegiatan pertemuan rutin yang diperlukan antara lain sebagai narasumber dalam kegiatan PTK, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), studi kunjungan/observasi, tata cara penulisan dan presentasi laporan, dan kegiatan lain-lain yang diperlukan.
2) Biaya Transportasi
Untuk membiayai transportasi nara sumber yang diperlukan pada kegiatan in service, dan dalam kegiatan pertemuan rutin antara lain: TIK, PTK, studi kunjungan/observasi, tata cara penulisan dan presentasi laporan, dan kegiatan lain-lain yang diperlukan; peserta dalam kegiatan studi kunjungan/observasi dan untuk mengikuti kegiatan di FKKG.
3) Biaya Konsumsi
untuk membiayai konsumsi: nara sumber yang diperlukan pada kegiatan in service, dan dalam kegiatan pertemuan rutin antara lain: TIK, PTK, studi kunjungan/observasi, tata cara penulisan dan presentasi laporan, dan kegiatan lain-lain yang diperlukan; peserta KKG pada kegiatan in service dan dalam kegiatan studi kunjungan/observasi.
4) Akomodasi
Untuk membiayai akomodasi nara sumber yang diperlukan pada kegiatan in service, dan dalam kegiatan pertemuan rutin antara lain sebagai nara sumber dalam hal: TIK, PTK, studi kunjungan/observasi, tata cara penulisan dan presentasi laporan, dan kegiatan lain-lain yang diperlukan.
5) Alat Tulis Kantor (ATK)
Untuk membiayai pengadaan ATK yang diperlukan pada kegiatan in service, dan dalam kegiatan pertemuan rutin selama minimal 16 kali pertemuan.
6) Bahan
Untuk membiayai pengadaan bahan yang diperlukan pada kegiatan in service, dan dalam kegiatan pertemuan rutin selama 16 (enam belas) kali pertemuan.
9. Penyusunan laporan Kegiatan :
Penyusunan Laporan Kegiatan KKG Program BERMUTU, dapat diuraikan sebagai berikut :
a. Laporan pelaksanaan kegiatan dan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana sesuai dengan tahap pencairan dan penggunaan dana.
b. Laporan diberikan kepada LPMP sebagai pihak pertama, Dinas Pendidikan Kecamatan/UPTD/Kabupaten/Kota dan ditembuskan kepada Direktur Jenderal PMPTK sebagai PCU BERMUTU
c. Untuk tujuan transparansi dan akuntabilitas publik dari kegiatan ini, laporan juga harus dipublikasikan di sekolah inti agar dapat diakses oleh berbagai pemangku kepentingan.
d. Laporan sekurang-kurangnya berisi 3 (tiga) informasi utama sebagai berikut.
1) Pelaksanaan Kegiatan:
- Jadwal dan pelaksanaan kegiatan termasuk peserta dan narasumber.
- Hasil pelaksanaan kegiatan sesuai topik kegiatan berdasarkan proposal yang disetujui dan hasil revisi sendiri yang dilaporkan ke LPMP .
- Permasalahan yang dihadapi dan upaya pemecahannya.
2) Pertanggungjawaban Keuangan:
- Penggunaan DBL sesuai dengan proposal yang disetujui dan hasil revisi sendiri yang dilaporkan ke LPMP .
- Pertanggungjawaban keuangan harus sesuai dengan bukti transaksi nyata yang terjadi. Bila terjadi kekurangan pembiayaan Kelompok/Musyawarah kerja diperkenankan untuk menggunakan sumber dana lainnya.
- Permasalahan yang dihadapi dan upaya pemecahannya.
3) Rangkuman hasil evaluasi mandiri yang dilakukan sekolah dan gugus.
10. Sistematika Laporan Kegiatan :
Sistematika Laporan Kegiatan KKG BERMUTU, adalah sebagai berikut :
1. | Cover / Sampul |
2. | Lembar Pengesahan Laporan oleh Atasan Langsung |
- Dari Pengawas Sekolah (terpisah/tidak ikut di jilid dan disimpan sebagai arsip) - Dari Ka. UPT Dinas Pend. Kec. (disertakan dalam laporan) | |
3. | Kata Pengantar |
4. | Daftar Isi |
5. | BAB I Pendahuluan |
Latar belakang, Tujuan Program, Hasil yang Diharapkan, Sasaran, dsb.). | |
6. | BAB II Pelaksanaan Program |
Menginformasikan semua kegiatan sesuai dengan rencana kerja yang disepakati yang mencakup tempat, waktu, kegiatan, penggunaan dana, masalah, dan upaya pemecahan masalah. | |
7. | BAB III Hasil Pelaksanaan Kegiatan |
8. | BAB IV Rangkuman Hasil Evaluasi Mandiri |
9. | BAB V Kesimpulan dan Rekomendasi |
10. | Lampiran-lampiran |
- Hasil Evaluasi Mandiri oleh Sekolah - Hasil Evaluasi Mandiri oleh KKG - Dokumentasi Hasil Kegiatan - Fotocopy Dokumen Pertanggung-jawaban Keuangan (asli disimpan di masing-masing KKG). |
Sistematika Laporan Penggunaan Keuangan KKG BERMUTU, adalah sebagai berikut :
1. RAB
2. Buku Kas Umum (Lampiran 15 pedoman DBL)
3. Konsideran SK beserta dengan lampirannya
4. Daftar hadir peserta dan narasumber ( menggunakan format DSS)
5. Surat Tugas yang ditandatangani oleh ketua kelompok
6. SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas) yang tandatangani oleh ketua kelompok
7. Kwitansi perjalanan Dinas (bagi narasumber yang mendapat transport dan uang harian)
8. Kwitansi/ pengeluaran untuk transport (Lampiran 17 pedoman DBL)
9. Penyataan riil cost
10. Bukti pengeluaran pembelian ATK, bahan, dan konsumsi (Lampiran 17 dan lampiran 16 pedoman DBL)
11. Bukti setoran pajak
Keterangan :
- Urutan no 3 s/d 11 dilakukan pada setiap kegiatan (disesuaikan dengan urutan pelaksanaan kegiatan)
:
· Penyusunan TNA pada saat Kegiatan In-Service
· Contoh Format Learning Jurnal disampaikan peserta pada awal kegiatan (In Service)
· Pada Pertemuan Ke-7 dan Ke-16 Wajib dihadiri Kepala Sekolah/Pengawas Sekolah
· Pada Pertemuan Ke-8 mengadakan Kunjungan/Observasi ke Sekolah yg mempunyai Bestpractice, ke SD tetangga Kecamatan, dengan catatan tidak boleh terlalu jauh. Laporan/SPJ disusun per orang.
· Kegiatan yg WAJIB ADA adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
· Pertemuan ke-15 dan 16 adalah kegiatan Laporan Kegiatan(bukan Laporan PTK)
1 komentar:
siip
Posting Komentar