Labels

Contoh RPP Berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                :    SD Negeri I Bangsri
Mata Pelajaran     :    Ilmu Pengetahuan Alam/Sains
Kelas/Semester    :    V / 1
Materi Pokok       :    Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Waktu                  :    8 x 45 menit (4 x pertemuan)

A.      Standar Kompetensi   :  1.    Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
B.       Kompetensi Dasar
1.1.   Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.
1.2.   Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah.
C.       Indikator
1.    Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan.
2.    Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.
3.    Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.
4.    Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan
D.      Tujuan Pembelajaran:
1.    Siswa dapat Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan
2.    Siswa dapat Memahami istilah dari : Diagfragma, Gelambir, Pleura, Bronkus, Alveolus, Pundi-pundi, Labirin, Stigma
3.    Siswa dapat Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut
4.    Siswa dapat Memahami proses pernapasan pada : Manusia, Burung, Reptil, Ikan, Serangga, Cacing
5.    Siswa dapat Mendeskripsikan alat pernapasan hewan
Karakter siswa yang diharapkan : disiplin, rasa hormat dan perhatian, tekun, tanggung jawab  dan ketelitian Materi Pokok
1.    Organ tubuh manusia dan hewan
2.    Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan
E.       Metode  : Ceramah dan praktek
F.        Media Belajar
1.    Buku  Ilmu Pengetahuan Alam/Sains SD Relevan Kelas V
2.    Stoples plastik bening besar Pipa kecil bercabang tiga, Plastisin, Karet gelang, Sedotan, Tiga balon kecil, Lakban, Gunting, Silet.
G.      Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
1.    Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi    :  Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
2.    Kegiatan Inti
a.    Memahami peta konsep tentang alat pernapasan (Eksplorasi)
b.    Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan Paru-paru,  Hidung , Tenggorokan (Eksplorasi)
c.    Memahami istilah dari Diagfragma, Gelambir, Pleura, Bronkus, Alveolus (Eksplorasi)
d.   Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut (Eksplorasi)
e.    Memahami proses pernapasan (Eksplorasi)
f.     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. (Eksplorasi)
g.    membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; (Elaborasi)
h.    memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; (Elaborasi)
i.      memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; (Elaborasi)
j.      memfasilitasi peserta didik membuat laporan (Eksplorasi) yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; (Elaborasi)
k.    memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; (Elaborasi)
l.      bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)
m.  bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan (Konfirmasi)
3.    Penutup      : Mengulang proses pernapasan dan tindak lanjut (pemberian PR)

Pertemuan ke-2
1.    Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
a.    Mengulang materi pertemuan sebelumnya
b.    Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
2.    Kegiatan Inti
a.    Siswa dapat Melakukan kegiatan (Eksplorasi)
b.    melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan (Eksplorasi)
c.    memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. (Eksplorasi)
d.   membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; (Elaborasi)
e.    memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; (Elaborasi)
f.     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; (Elaborasi)
g.    memfasilitasi peserta didik membuat laporan (Eksplorasi) yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; (Elaborasi)
h.    memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; (Elaborasi)
i.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)
j.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan (Konfirmasi)
3.    Penutup      :    Memberikan kesimpulan dan pemberian PR

Pertemuan ke-3
1.    Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi    : 
a.    Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi
b.    Memahami peta konsep tentang alat pernapasan pada hewan

2.    Kegiatan Inti
a.    Siswa dapat Mendeskripsikan alat pernapasan hewan burung, reptil, amfibi,  ikan , serangga, cacing, mamalia (Eksplorasi)
b.    Memahami istilah dari Pundi-pundi, Labirin, Stigma (Eksplorasi)
c.    Memahami proses pernapasan pada burung, reptil, amfibi,  ikan , serangga, cacing, mamalia (Eksplorasi)
d.   Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan (Eksplorasi)
e.    Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan (Eksplorasi)
f.     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. (Eksplorasi)
g.    membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; (Elaborasi)
h.    memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; (Elaborasi)
i.      memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; (Elaborasi)
j.      memfasilitasi peserta didik membuat laporan (Eksplorasi) yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; (Elaborasi)
k.    memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; (Elaborasi)
l.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)
m.  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan (Konfirmasi)
3.    Penutup      : Memberikan kesimpulan bahwa hewan memiliki alat pernapasan yang berbeda-beda

Pertemuan ke-4
1.    Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi    :  Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi.
2.    Kegiatan Inti
a.    Siswa dapat Memahami bahwa penyakit yang menyerang alat pernapasan manusia dapat diakibatkan oleh pencemaran udara dan serangan kuman s(Eksplorasi)
b.    Memahami gejala penyakit : Influenza, Flu burung Pnemonia Tuberkulosis paru-paru (Eksplorasi)
c.    Memahami pola hidup sehat untuk meningkatkan kesehatan alat pernapasan Makan makanan bergizi, Berolahraga teratur s Istirahat teratur Menjaga kebersihan Menjauhi asap rokok (Eksplorasi)
d.   Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan s(Eksplorasi)
e.    memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. s(Eksplorasi)
f.     membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; (Elaborasi)
g.    memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; (Elaborasi)
h.    memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; (Elaborasi)
i.      memfasilitasi peserta didik membuat laporan (Eksplorasi) yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; (Elaborasi)
j.      memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; (Elaborasi)
k.    Menyebutkan penyakit menyerang alat pernapasan manusia akibat serangan kuman Influenza, Flu burung , Pnemonia , Tuberkulosis paru-paru (Elaborasi)
l.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (Konfirmasi)
m.  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan (Konfirmasi)
3.    Penutup      : Memberikan kesimpulan bahwa pola hidup sehat dapat menjaga kesehatan alat pernapasan.

H. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.     Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia.
2.     Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia
3.     Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.
4.     Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.
5.     Membiasakan diri menjaga kesehatan alat pernapasan
Tugas Individu
dan Kelompok



Laporan dan Unjuk kerja






1.     Jelaskanlah 5 (lima) alat pernapasan pada manusia!
2.     Jelaskanlah 3 (tiga) alat pernapasan pada hewan!
3.     Buatlah model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya!
4.     Jelaskan penyebab gangguan pada alat pernapasan manusia!
5.     Bagaima cara menjaga kesehatan alat pernapasan?

Kriteria Penilaian
1.        Produk/Hasil
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
Benar
Mendekati benar
Salah
3
2
1

2.        Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1
Pengetahuan
Mampu
Kurang ampu
Belum mampu
3
2
1
2
Sikap
Baik
Cukup
Kurang
3
2
1
3
Praktik
Aktif
Kurang aktif
Tidak aktif
3
2
1

CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) x 100
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


Bangsri,   ……………………

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                       Guru Kelas V



........................................                                        ..........................................
NIP...................................                                       NIP. ..................................


0 komentar:

Posting Komentar

Info Lainnya

Entri Populer